Kampung Batik Jarum Bayat Klaten

0 244

Potensi Kecamatan Bayat begitu besar selain kerajinan gerabah. Terdapat juga sebuah kampung batik. Kampung Batik, tentunya tidak asing  lagi ditelinga pecinta Batik. Sebuah kampung yang mayoritas penduduknya menghasilkan berbagai macam batik. Predikat kampung Batik telah di sematkan pada Laweyan dan  Kauman di kota Solo, Jawa Tengah. Namun bukan hanya kota Solo saja yang memiliki kampung batik. Bergeser ke arah Klaten yaitu Kecematan Barat juga terdapat kampung batik. Desa Jarum terletak di Kecamatan Bayat, juga terkenal dengan perkampungan batik. Banyak penduduk yang membatik di rumah masing-masing. Pembatik muda juga telah banyak bermunculan, di dorong dengan adanya sebuah SMK lokal yang memiliki jurusan batik yakni SMK N 1 ROTA Bayat, berdiri sejak 2009.

Motif Bayatan merupakan sebutan batik khas desa Jarum Bayat. Ciri khas yang di miliki adalah warna dominan sogan dan tidak menyisakan ruang kosong di bahan kain. Warna yang digunakan dari bahan alami, bukan warna sintetis. Selain membatik warga juga memajang hasil batikan dirumah masing – masing. Terdapat beberapa show diantara sekian banyak show room adalah milik pak Ripto.
Perkembangan zaman yang selalu berubah juga berpengaruh terhadap keberadaan batik Bayatan, motifnya yang rumit membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaan, serta tren warna cerah menjadikan motif bayatan mulai redup pemasaran. Kini segala motif di kerjakan di sini. Harga batik Jarum adalah Rp 250 ribu ketika telah sampai di Jogja bisa seharga Rp 400 ribu, apa lagi di Jakarta bisa Rp 800 ribu.
Source Kampung Batik Jarum Bayat Klaten Batik
Comments
Loading...