infobatik.id

Kampung Batik Gumelem

0 7

Kampung Batik Gumelem

Gumelem merupakan wilayah  yang berada di Kecamatan  Susukan Banjarnegara. Gumelem terbagi secara administratif menjadi dua desa, Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon. Keduanya merupakan sentra Batik Gumelem khas dari Kabupaten Banjarnegara. Pada mulanya merupakan sentra usaha industri gula kelapa. Seiring perkembangan industri batik yang ada di desa ini, maka sebagian masyarakat kini menggeluti usaha batik. Dengan adanya kebijakan dari kepala desa dan pemerintah daerah dan kemudian diakuinya batik sebagai warisan leluhur. Maka jumlah masyarakat yang kembali menjadi pembatik semakin banyak.

Di daerah Gumelem dan sekitarnya setidaknya sudah ada lima kelompok usaha bersama yang sampai sekarang masih aktif. Diantaranya adalah Tunjung Biru, Mekar Sari, Mirah batik, Al Hikmah, dan Giat Usaha dengan pengrajin sekitar 400 orang. Budi Sulistyo, salah seorang pengusaha batik mengatakan, Batik Gumelem sudah mulai terkenal. ”Ada ciri khas yang unik dan harganya juga sangat bersaing,” katanya. Dia berharap, Desa Gumelem wetan dan Gumelem Kulon segera dijadikan desa wisata. Dengan begitu dia berharap usaha batik yang ada di tempat tersebut bisa semakin berkembang. Tanpa usaha yang nyata keberadaan Batik Gumelem bisa hilang.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, acara Funtrip bersama media dan blogger ke Kampung Batik Gumelem sendiri merupakan upaya promosi wisata dan khususnya Batik Gumelem.

Source http://www.seputarbanjar.com/ http://www.seputarbanjar.com/2017/11/11/menilik-kampung-batik-gumelem/
Comments
Loading...