Kampung Batik Di Kabupaten Banyuwangi

0 203

Kampung Batik Di Kabupaten Banyuwangi

Berbagai sektor yang ada di Kabupaten Banyuwangi telah mengalami banyak peningkatan, mulai dari sektor pariwisata, transportrasi, pertanian dan sektor pemerintahan sendiri juga mengalami peningkatan. Peningkatan di sektor itu semua sangat berdampak kepada perekonomian di Kabupaten Banyuwangi.

Perkembangan perekonomian dan pariwisata yang ada di Banyuwangi juga berdampak terhadap daya beli Batik Banyuwangi. Pariwisata merupakan salah satu faktor yang pendongkrak meningkatnya pembelian Batik Banyuwangi. Salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli oleh wisatawan adalah Batik. Hal ini sangat berdampak terhadap perkembngan industri batik di Banyuwangi. Sudah 5 tahun ini industri batik mengalami pertumbuhan seiring pertumbuhan perekonomian yang ada di Banyuwangi.

Salah satu desa yang mendapat imbas peningkatan perekonomian di Kabupaten Banyuwangi adalah Desa Tampo. Hal itu dikarenakan Desa Tampo memiliki banyak industri batik. Hampir ada sekitar 10 industri batik yang beroperasi sampai saat ini. Jika dalam satu indutri batik saja bisa memperkerjakan 5-10 orang maka ada sekitar 100an orang di Desa Tampo yang perekonmiannya bergantung dari keberadaan industri batik.

Selain itu industri batik di Desa Tampo merupakan salah industri yang menyuplai outlet-outlet yang berada di Banyuwangi Kota. Karena banyaknya indusri batik yang ada di Desa Tampo maka tidaklah heran jika Desa Tampo dijuluki sebagai Kampung Batik Banyuwangi. Jika berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi jangan lupa untuk meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Desa Tampo.

Source http://www.mitraumkm.com/ http://www.mitraumkm.com/2017/09/kampung-batik-di-kabupaten-banyuwangi.html
Comments
Loading...