Kain Batik Solo Tampil Dalam Pameran Di Jakarta

0 69

Kain Batik Solo Tampil Dalam Pameran Di Jakarta

Pameran Batik 3 Negeri Solo bertajuk “Sebuah Legenda” digelar di Nusantara Ballrom Hotel Dharmawangsa Jakarta Selatan. Pameran ini berlangsung sejak 25 sampai 27 Ontober 2018 dengan menghadirkan berbagai macam koleksi batik tulis dari para kolektor.

Ratnawati S. Jonan resmi membuka pameran tersebut, disaksikan para tamu undangan. Digelarnya pameran tersebut tak lain untuk lebih mengenalkan lagi koleksi kain Batik 3 Negeri Solo yang kini telah menjadi kain klasik.

Hal tersebut disampaikan oleh Sisie Andrisa Macallo, anggota Komunitas Peranakan Indonesia yang juga penyelenggara pameran tersebut. Menurut Sisie, target yang ingin disampaikan kepada pengunjung pameran ialah bahwa sebagai warisan budaya, Batik 3 Negeri memiliki sejarah dan cerita yang kuat.

“Batik 3 Negeri ini sangat unik, karena proses pembuatannya dilakukan di sentra batik yang berbeda. Batik 3 Negeri buatan keluarga Tjoa hanya dibuat di dua tempat saja, yaitu di Lasem dan Solo. Warna merah dibuat di Lasem, sedangkan warna biru dan soga dibuat di Solo,” ujar Sisie.

Sejauh ini banyak persepsi masyarakat yang justru mengenal Batik 3 Negeri sebagai batik yang dibuat di tiga tempat berbeda yaitu warna merah dibuat di Lasem, warna biru dibuat di Pekalongan, dan warna soga dibuat di Solo.

Setelah diteliti cerita ini ternyata tidak seluruhnya benar karena keluarga Tjoa tidak pernah mencelup warna biru ke Pekalongan. Dalam pameran tersebut, puluhan kain batik tulis dibentangkan untuk dapat disaksikan pengunjung pameran.

Tak ketinggalan pula adanya keterangan sejarah batik yang dimiliki oleh para kolektor tersebut. Tak hanya itu, dalam acara ini juga terdapat beberapa booth busana dan pernak-pernik batik.

Ada juga kegiatan lelang kain batik yang nantinya hasil penjualan tersebut akan disumbangkan ke korban gempa di Palu dan persembahan fashion show dari batik Chic karya Novita Yunus saat pembukaan pameran.

Source http://jakarta.tribunnews.com http://jakarta.tribunnews.com/2018/10/25/beragam-kain-batik-solo-klasik-tampil-dalam-pameran-sebuah-legenda-di-jakarta#gref
Comments
Loading...