Kain Batik Perwarna Alami Khas Jrahi

0 14

Kain Batik Perwarna Alami Khas Jrahi

Potensi wisata Desa Jrahi, Kecamatan Gunung Wungkal, Kabupaten Pati mulai digarap oleh pemerintah desa beserta karang taruna yang didukung oleh warganya. Mulai dari wisata alam hingga potensi lain.

Sejumlah potensi di antaranya  Desa Jrahi disebut dengan Desa Pancasila dan sebagai mini Indonesia. Pasalnya, memiliki kerukunan antaraumat beragama yang baik dan patut ditiru.

Selain itu, terdapat Embung Mini, juga Wihara Saddha Giri yang termegah dan terbesar di Kabupaten Pati sebagai wisata buatan yang apik.

Kemudian Desa Jrahi juga kaya akan potensi wisata alam seperti air terjun Grenjengan Sewu dan Pancur Songo.

“Karena sadar di sini potensinya sangat bagus, maka kami juga menggarap sesuatu yang khas untuk buah tangan. Untuk saat ini, kami membuat batik dengan pewarnaan yang alami,” kata seorang warga, Sutrisni

Dirinya yang juga tergabung dalam PKK desa setempat, menuturkan bahwa pewarnaan untuk membatik menggunakan Kulit Tingi dan Buah Jolawe yang didatangkan dari luar Jawa.

“Pada awalnya kami menggunakan bahan yang memang bukan berasal dari sini, namun selanjutnya kami akan membudidayakannya. Selain itu kami juga tengah mengembangkan dengan pewarnaan dari daun rambutan dan daun mangga,” lanjutnya.

Sutrisni juga menjelaskan detail bahwa tidak menutup kemungkinan akan ada pengembangan menggunakan bahan lokal, agar oleh-oleh yang bisa dibawa wisatawan hanya bisa didapatkan dari desa ini.

Kelompok-kelompok yang ada di desa juga dipaparkannya membuat jamu menggunakan rempah dan kuliner tradisional.

Wisatawan juga menemukan kopi robusta khas dari Desa Jrahi untuk buah tangan.

“Banyak wisata yang bisa digarap, dengan langkah yang akan kita lakukan adalah kemudahan mengakses lokasi wisata. Kita juga akan masuk wilayah hutan bekerja sama dengan LMDH setempat untuk menggarap bersama-sama,” ujar ketua Karang Taruna Panca Karya, Yusuf Heri Novianto.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2018/11/12/kain-batik-dengan-pewarna-alami-jadi-oleh-oleh-khasjrahi
Comments
Loading...