Kain Batik Minahasa

0 426

Kain Batik Minahasa

Suku Minahasa memiliki kain tradisional yang lebih dikenal dengan kain bantenan. Suku ini diperkirakan membuat kain batik tradisional mereka ini pada sekitar abad ke tujuh setelah masehi. Kain batik ini pada mulanya menggunakan bahan dasar yang berasal dari serat kulit kayu yang juga disebut oleh masyarakat daerah ini sebagai fuya. Serat kulit kayu yang dipakai oleh masyarakat Suku Minahasa merupakan serat kayu yang berasal dari pohon lehendong dan juga pohon sawukouw. Serta ada juga serat kain yang berasal dari nanas dan juga pisang yang dikenal dengan nama koffo. Sementara itu serat kain yang berasal dari bambu disebut dengan nama wa’u. Berbagai serat kayu ini diubah menjadi sebuah kain dengan cara dilakukan proses tenun tradisional.

Hasil kain tenun tradisional masyarakat Minahasa ini lah yang kemudian dikenal dengan sebutan kain Batik Bantenan. Seni batik ini dikenal dalam kehidupan dan juga budaya masyarakat Minahasa pada sekitar abad ke lima belas dan bahan yang digunakan telah mulai menggunakan kain katun. Proses pembuatan kain khas Minahasa ini banyak dilakukan di daerah Desa Bantenan yang memiliki lokasi di daerah Pantai timur minahasa tenggara. Di desa ini lah kain Batik Bantenan pertama kali dibuat. Berdasarkan catatan sejarah, kain Batik Bantenan ini ditemukan dan terakhir di tenun di daerah ratahan pada sekitar tahun 1900an. Kain bantenan ini memiliki tujuh jenis motif yaitu Motif Batik Tonilama yang merupakan kain tenun yang menggunakan benang putih dan tidak memiliki warna. Hasil yang diperoleh berupa kain putih.

Motif yang kedua adalah Motif Sinoi Ang menggunakan benang dengan berbagai macam warna dan memiliki bentuk garis. Kain Pinatikan merupakan motif selanjutnya. Kain ini merupakan kain tenun yang menggunakan pola garis dengan motif jala dan berbentuk segi enam. Kain ini merupakan kain yang pertama kali ditemukan di Minahasa. Motif ketiga adalah Motif Tinompak Kuda yang merupakan kain tenun dengan aneka motif berulang. Kain tenun tinonton mata yang merupakan kain tenun dengan motif bergambar manusia. Kain ka’iwu patola yang merupakan tenun dengan motif tenun patola India, dan terakhir adalah kokera yang merupakan tenun dengan Motif Bunga warna warni yang menggunakan sulam manik-manik.

Source Kain Batik Minahasa Batik
Comments
Loading...