Kadin Bekasi Akan Kuatkan Produksi Batik

0 27

Kadin Bekasi Akan Kuatkan Produksi Batik

Wakil Ketua Perdagangan dan Hubungan Luar Negeri Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bekasi, Devi Simanjuntak, mengatakan kepengurusan Kadin Kota Bekasi yang baru akan meningkatkan produksi UMKM unggulan, seperti Batik Bekasi. Semua stakeholder pemerintah membantu mendorong pertumbuhan UMKM. Di antara sekian banyak UMKM, perdagangan Batik Bekasi dapat menjadi unggulan. Ia menyampaikan Kadin Kota Bekasi akan mencoba bekerjasama dengan pusat-pusat perbelanjaan untuk memasarkan produk batik tersebut.

Batik Bekasi mempunyai kekuatan untuk berkembang. Komoditas ini didukung penuh oleh pemerintah Kota Bekasi dengan adanya aturan yang mewajibkan semua sekolah dan pegawai Pemkot mengenakan Batik Bekasi. Sudah hampir semua siswa sekolah mengenakan Batik Bekasi. Hanya saja, produksi dan pemasaran batik Bekasi selama ini belum optimal. Batik Bekasi belum populer dalam keseharian. Kelemahan Batik Bekasi terletak pada kualitas. Hal itu berkaitan erat dengan minimnya modal yang dimiliki perajin. Masalah permodalan itu akan dapat diatasi oleh bagian permodalan dan perbankan di lingkungan Kadin.

Batik Bekasi, dia katakan dapat dikelola menjadi home industry yang menyerap lapangan kerja dan menggerakkan perdagangan. Pegiat batik Bekasi perlu melakukan perbandingan ke Pekalongan, Tasikmalaya Cirebon, atau Solo untuk menjajaki kelemahan dan kekuatan Batik Bekasi. Dengan adanya sentra Batik Bekasi seperti di Solo dan Yogyakarta. Pembuatan batik juga harus melibatkan desainer dan quality control untuk menjaga kualitas. Selain Batik Bekasi, pihaknya juga memandang sektor industri boneka memilik potensi besar untuk dikelola. Lantaran, hampir 60 persen pemasok boneka berasal dari Bekasi.

Source http://www.republika.co.id/ http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/16/05/18/o7dcho359-kadin-bekasi-akan-kuatkan-produksi-batik
Comments
Loading...