infobatik.id

Jogja International Batik Bienalle

0 17

Jogja International Batik Bienalle Semakin Kukuhkan Jogja Sebagai Kota Batik Dunia

JIBB 2016 merupakan salah satu perhelatan akbar yang digelar di Kota Yogyakarta dalam rangka untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan batik di Indonesia dan lebih meningkatkan tradisi batik di tingkat dunia. World Craft Council (WCC) Wilayah Regional Asia Pasifik sebagai lembaga dunia bertaraf internasional yang berafiliasi dengan UNESCO dan memfokuskan pada peningkatan apresiasi terhadap berbagai kegiatan dan permasalahan Komunitas Kriya di dunia, memberikan sebuah predikat dan prestasi prestisius kepada Daerah Istimewa Yogyakarta. Dewan Kerajinan Dunia, World Craft Council (WCC) telah menobatkan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia pada tanggal 18 Oktober 2014 di Dongyang, Tiongkok. Yogyakarta telah memenuhi 7 kriteria dengan baik yaitu nilai historis, orisinalitas, regenerasi, nilai ekonomi, ramah lingkungan, mempunyai reputasi internasional dan mempunyai persebaran luas. Perolehan gelar tersebut merupakan suatu kebangaan dan kehormatan tidak hanya bagi Yogyakarta melainkan Indonesia.

Jogja International Batik Biennale 2016 yang akan diselenggarakan pada 12-15 Oktober 2016 di Yogyakarta merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dalam mendukung, melestarikan dan menumbuh kembangkan gelar World Batik City (Kota Batik Dunia) yang telah diakui internasional tersebut. Perhelatan akbar ini akan dihadiri oleh peserta dari berbagai penjuru dunia. Pada acara ini juga akan diselenggarakan berbagai diskusi, fashion show, pameran, dan kunjungan seni tentang batik khususnya dan seni kerajinan pada umumnya. Acara ini diharapkan dapat membuka mata dunia bahwa Indonesia memiliki potensi budaya, seni, dan ekonomi dan juga tingkat pendidikan yang setara dengan negara maju lainnya. Dengan Yogyakarta dapat mempresentasikan sebagai Kota Batik Dunia, maka seluruh Batik Indonesia akan memperoleh manfaat, karena Yogyakarta dapat dikatakan menjadi pembuka pintu bagi kerajinan Batik di Indonesia.

Pada pameran JIBB 2016 akan bertumpu pada potensi kekayaan batik dari aspek makna spiritual/religius, aspek sejarah sosial dan sejarah kreatif yang didalamnya juga bersentuhan dalam aspek ekonomi. Aspek spiritual/religius, aspek sejarah sosial dan sejarah kreatif akan dielaborasi melalui lini masa yang mengungkapkan setiap penggal waktu, disertai dengan makna, peristiwa dan produknya. Pameran ini ingin menunjukan bahwa Yogyakarta memang menjadi pusat batik, bersifat terbuka dan memberikan ruang yang luas kepada dunia batik dan perkembangannya.

Melalui pameran ini diharapkan acara JIBB 2016 menjadi suatu peristiwa apresiasi sekaligus edukasi bagi masyarakat luas. Sebagai pendukung lainnya, yaitu simposium internasional dengan tema “Batik: Tradisi untuk Inovasi”. Simposium ini diharapkan dapat mendiskusikan batik dari aspek makna religius hingga ke makna lainnya, termasuk tantangan-tantangan yang kini dihadapi. Dari diskusi tersebut, diharapkan dapat dirumuskan suatu “deklarasi” terkait dengan sikap pelaku batik, pemangku kepentingan, negara, termasuk dunia internasional.

Source https://berandajogja.com/ https://berandajogja.com/jogja-international-batik-bienalle-semakin-kukuhkan-jogja-sebagai-kota-batik-dunia/
Comments
Loading...