Zat Warna Dispersi Berdasarkan Ketahanan Sublimasi Pada Batik

0 250

4 Jenis Zat Warna Dispersi Berdasarkan Ketahanan Sublimasinya

Zat warna dispersi merupakan senyawa azo atau antrakwinon yang memiliki berat molekul cukup kecil dan tidak mengandung gugusan pelarut. Sekalipun tidak mengandung gugusan pelarut, akan tetapi zat warna ini pada umumnya dapat terdispersi dengan sempurna pada suhu tinggi karena molekulnya cukup kecil. Untuk pemakaiannya dibutuhkan bantuan zat pengemban (carrier) untuk menggelembungkan serat yang bersifat hidrofobik. Adanya suhu yang tinggi dan dengan bantuan tekanan, maka serat akan menggelembung dan zat warna dapat masuk ke dalam serat tersebut. Zat dispersi biasanya digunakan dalam  teknik membatik pada kain non katun. Berdasarkan ketahanan sublimasinya, zat warna dispersi sebenarnya dapat dikelompokkan kedalam empat kategori utama. Sebut saja zat warna dispersi golongan A, golongan B, golongan C, dan golongan D.

Zat Warna Dispersi Golongan A

Zat warna dispersi golongan A memiliki berat molekul yang terkecil dan memiliki ketahanan sublimasi rendah. Pencelupannya harus dilakukan pada suhu didih. Zat warna jenis ini sangat sesuai jika digunakan untuk mencelup serat selulosa asetat, triasetat dan poliamida.

Zat warna Dispersi Golongan B

Zat warna dispersi golongan B memiliki sifat ketahanan sublimasi sedang, yaitu tersublimasi penuh pada suhu sekitar 180 0C. Zat warna ini dapat digunakan untuk mencelup serat poliester dengan bantuan zat pengemban dan dapat digunakan juga untuk pencelupan suhu tinggi.

Zat Warna Dispersi Golongan C

Zat warna dispersi golongan C memiliki sifat ketahanan sublimasi tinggi sampai 200 0C. Zat warna ini biasa digunakan untuk pencelupan suhu tinggi.

Zat Warna Dispersi Golongan D

Zat warna dispersi golongan D memiliki sifat ketahanan sublimasi sangat tinggi sampai 210 0C. Zat warna ini biasa digunakan untuk pencelupan metode termosol.

Pemilihan golongan zat warna tersebut sangat menentukan sifat-sifat hasil pencelupannya.

Source Jenis Zat Warna Dispersi Berdasarkan Ketahanan Sublimasinya Zat Warna Dispersi
Comments
Loading...