Jenis Pewarna Yang Umum Digunakan Dalam Cara Pewarnaan Batik

0 19

Jenis Pewarna Yang Umum Digunakan Dalam Cara Pewarnaan Batik

Batik merupakan salah satu karya seni yang keindahannya terlihat dari corak atau motifnya. Bagaikan sebuah lukisan, motif atau corak dalam berbagai warna dilukiskan di atas sehelai kain mori. warna adalah salah satu unsur pesona batik. Jika kita mengulik topik tentang warna batik, maka kita akan menemukan bahwa batik dari setiap daerah memiliki ciri warna berbeda.

Batik yang berasal dari tengah pulau, atau daerah pedalaman, umumnya berwarna solid, dan lebih matang. Sedangkan batik dari daerah pesisir senantiasa dibuat dengan paduan warna cerah. Hal ini disebabkan karena warna batik cenderung menyiratkan sikap sosial masyarakat tempatnya dibuat. Masyarakat pedalaman umumnya lebih kental kekeluargaannya, dan tertutup. Sedangkan masyarakat di wilayah pesisir cenderung lebih terbuka, karena memiliki kesempatan bertemu dengan berbagai kelompok masyarakat yang datang ke kota pelabuhan untuk untuk berniaga.

Beberapa jenis pewarna yang umum digunakan dalam cara pewarnaan batik adalah :
  1. Indigosol, bisa digunakan untuk coletan, tau celupan untuk mendapatkan warna yang solid, memiliki range warna yang tidak terlalu luas, terutama tidak ada warna merah yang tua, dan warna warna cerah seperti stabilo, turquise, pink cerah tidak bisa didapatkan dengan Indigosol.
  2. Naphtol – Garam atau Naphtol – Base, pewarna yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan warna – warna yang tua, gelap, dan mudah dalam cara pewarnaan batik. Resiko belang saat pencelupan tidak terlalu besar, tetapi kain denga pewarnaan naphtol tidak kuat dengan panas atau sinar yang terlalu kuat. Macam warna hijau tidak banyak, hanya yellowishgreen, hijau cerah atau muda tidak bisa dihasilkan dengan warna naphtol.
  3. Reaktif, bisa digunakan untuk celupan, coletan, kuas, dan smook juga ikat – warna (jumputan). Range warna luas, warna cenderung bright/ terang. 

Source http://parangboket.blogspot.co.id/ http://parangboket.blogspot.co.id/2017/09/cara-pewarnaan-batik.html
Comments
Loading...