Jenis Motif Batik Jepara

0 205

Jenis Motif Batik Jepara

Tidak banyak orang yang mengetahui jika Kabupaten Jepara juga memiliki kerajinan berupa kain batik. Memang Batik Jepara tidak berkembang pesat seperti batik dari daerah lain. Mungkin sebagian orang lebih mengetahui potensi tekstil yang lain, yaitu berupa kain tenun ikat troso. Seni batik yang ada di Kabupaten Jepara telah ada sejak jaman Kartini, sehingga banyak yang menyebutnya Batik Kartini.

Tetapi sangat disayangkan sudah satu abad lebih Batik Jepara hilang dari peredaran. Budaya batik di Jepara tidak lepas dari peran Kartini. Selain bisa membatik, Kartini juga mengajarkan ketrampilan membatik di Pendopo kediamannya. Tak hanya itu, beliau juga menulis tentang batik dalam Bahasa Belanda sehingga batik dikenal disana.

Motif batik yang dibuat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu : Motif Lama dan Motif Baru. Motif batik yang lama mempunyai warna lung hitam, dengan gajah berwarna coklat, dan daun ulir berwarna hijau. Sedangkan Motif Batik Jepara yang baru mempunyai lebih banyak variasinya. Banyak orang menyebut batik ini adalah Batik Kartini, sesuai nama pahlawan nasional yang berasa dari Kota Jepara.

Source https://batikmojokerto.wordpress.com/ https://batikmojokerto.wordpress.com/2017/05/24/motif-batik-jepara/ https://fitinline.com/article/read/batik-jepara/
Comments
Loading...