Jenis Kain untuk Membuat Batik Indonesia

0 122

Jenis Kain untuk Membuat Batik Indonesia

Hasil karya terbaik tentu membutuhkan perpaduan bahan terbaik pula. Begitu juga dengan Batik Indonesia sebagai kain warisan budaya nenek moyang kita. Berikut adalah beberapa jenis bahan kain batik Indonesia :

Kain Mori.

Mori merupakan jenis kain yang paling sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan batik. Mori memiliki warna dasar putih sehingga mudah untuk divariasi bersama warna lain.

Ada dua jenis kain Mori di pasaran, Mori alami (belum diputihkan) dan Mori yang telah melalui proses pemutihan (bleaching). Untuk harga, Mori dibedakan berdasarkan kerapatan anyaman, ukuran, tekstur, serta kualitas benang tenun.

Kain Kapas Grey.

Kapas Grey merupakan kain tenun alami yang memang dijual tanpa melalui proses pemutihan. Sehingga wajar saja bila warna dari Kapas Grey nampak lebih gelap bila dibandingkan kain lainnya.

Macam-macam Kapas Grey dibedakan dari metode pembuatannya. Ada Belacu buatan pabrik, tenun ATBM buatan alat tenun modern, kemudian tenun Gedhok hasil alat tenun tradisional.

Batik dari Kain Kapas.

Jika Kapas Grey masih alami tanpa proses pemutihan, maka kain Kapas merupakan Kapas Grey yang telah melalui proses pemutihan. Kapas sebenarnya lebih banyak digunakan sebagai bahan pembuat t-shirt. Karena tak jarang batik dikombinasikan dengan t-shirt, akhirnya jenis kain ini mulai banyak dipilih.

Batik Indonesia Kain Sutra.

Ketika bahan dasar berkualitas dipertemukan dengan seni batik Indonesia penuh kreatifitas, maka lahirnya sebuah maha karya bukan hal mustahil. Batik dengan bahan dasar Sutra sangat identik dengan kesan mewah dan elegan. Tekstur bahan lembut serta berkilau membuat Sutra banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian formal seperti jas atau gaun pesta.

Source https://qlapa.com/ https://qlapa.com/blog/batik-indonesia
Comments
Loading...