Jenis Jenis Ornamen Motif Batik: Ornamen Gurda

0 213

Jenis Jenis Ornamen Motif Batik: Ornamen Gurda

Ornamen adalah unsur dari motif, berupa bentuk gambar atau lukisan yang menghiasi kain batik. Dengan kata lain, motif batik terdiri atas susunan unsur-unsur motif yang disebut ornamen. Ornamen disebut juga ragam hias. Adadua macam ornamen, ornamen pokok/utama dan ornamen pelengkap/pengisi bidang.

A. Ornamen Pokok
Ornamen pokok/utama berbentuk stilisasi dari benda alam atau hewan, melambangkan suatu makna, mempunyai arti filosofis, seperti ornamen meru, pohon hayat, ular atau naga, lidah api dan sebagainya. Biasanya berukuran cukup besar atau dominan dalam sebuah motif. Beberapa ornamen pokok antara laon sebagai berikut.

 Ornamen Gurda

Ornamen gurda. Gurda berasal dari kata garuda. Garuda merupakan burung besar yang dalam pandangan masyarakat Jawa, burung garuda mempunyai kedudukan yang sangat penting. Bentuk ornamen gurda ini terdiri dari dua buah sayap (lar) dan di tengahnya terdapat badan dan ekor. Garuda merupakan tunggangan Batara Wisnu yang dikenal sebagai Dewa Matahari.

Garuda menjadi tunggangan Batara Wisnu dan dijadikan sebagai lambang matahari. Oleh masyarakat Jawa, garuda merupakan simbol mahkota/kekuasaan, kejantanan. Dalam motif batik, ornament Garuda digambarkan sebagai stilir burung Garuda, suatu bentuk burung yang perkasa seperti Rajawali. Kadang-kadang sebagi stilir semacam burung Merak. Dari setiap daerah pembatikan cara menstilir burung Garuda ini berbeda-beda, sesuai dengan daerah sendiri. Bentuk dari sayap Garuda dapat digaambarkan secara tertutup dan terbuka

Source http://www.mikirbae.com/ http://www.mikirbae.com/2017/05/jenis-jenis-ornamen-motif-batik.html
Comments
Loading...