infobatik.id

Jenis-Jenis Batik Tulungagung

0 333

Jenis-Jenis Batik Tulungagung

Batik Tulungagung memiliki ciri khas dengan perpaduan warna dan variasi motif. Warna-warna yang cerah dan berani menjadikan Batik Tulungagung disukai masyarakat. Walau pada awalnya, warna khas Batik Tulungagung adalah warna coklat dan hitam. Ada banyak jenis batik yang berasal dari Kota Tulungagung hampir 80 lebih. Beberapa wilayah di Kabupaten Tulungagung secara generasi ke generasi menjadi  sebuah sentra pengembangan batik di Tulungagung ini.

Pembuatan motif batik pun juga ada beberapa jenis menurut daerah atau wilayah pembuatanya :

Ciri Khas Batik Bangoan

Batik yang berkembang di wilayah desa yang bernama Bangoan. Motif yang di tampilkan pada batik ini terkesan Kasar dan gelap. Dari dasar karakter ini menjadikan banyak hasil karya batik seperti Motif Semen, Sidomukti, Sekarjagat, dan masih banyak lagi yang lain.

Ciri Khas Batik Majanan

Batik Majanan yang berkembang di daerah desa bernama Majan. Motif yang terkesan kalem dan halus ini menggunakan Motif Gringsing dan Buketan atau bunga yang berada ditengahnya. Kombinasi yang beragam warna memperpadukan varian warna yang berani menjadi batik ini terkesan penuh tapi elegan.

Ciri Khas Batik Kalangbret

Batik Kalangbret atau juga disebut Batik Kambretan ini berkembang pesat di wilayah Kalangbret. Motif-motif batik yang berasal dari Kalangbret mempunyai banyak variasi, seperti pencampuran karaktek Batik Tulungagung dengan daerah lainya.

Source Jenis-Jenis Batik Tulungagung Batik
Comments
Loading...