Jenis-jenis Batik Papua

0 600

Jenis-jenis Batik Papua

Batik Papua sebenarnya hampir sama dengan berbagai jenis batik lainnya di Nusantara. Perbedaan terletak pada motif,  jika motif batik Solo dan Jogja dibuat simetris di Papua malah kebalikannya. Kombinasi warna cerah dipadu dengan motif etnik Papua yang kerap asimetris membuat batik Papua terlihat eksotis. Sebagian besar motif Batik Papua menampilkan unsur alam dan budaya daerah Papua.

Batik Papua yang digunakan juga memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan. Namun, jika dibandingkan dengan kain batik pada umumnya, batik dari Papua harganya cenderung lebih mahal. Batik Papua dibedakan menjadi dua macam yaitu Batik Prada dan batik biasa. Batik prada ini merupakan kain batik yang pada setiap motifnya divariasi dengan garis-garis emas. Motif yang digunakan pun sangat beragam dan khas Papua. Sementara itu, batik biasa adalah batik yang tidak menggunakan garis-garis emas.

Dari segi harga, Batik Prada harganya lebih mahal daripada batik biasa. Selain menggunakan kain sutra, masyarakat Papua kadang membuat kain shantung untuk membuat batik khas Papua. Kain ini mirip dengan kain tissue, sutra, dan katun.

Seperti kebanyakan batik yang ada saat ini, Batik Papua juga tersedia dalam versi batik tulis dan batik cetak. Batik tulis dibuat dengan cara tradisional dan memiliki nilai seni yang lebih tinggi. Sedangkan bati cetak adalah batik yang dibuat dengan mesin cetak. Tentu saja kedua jenis ini memiliki kualitas yang jauh berbeda.

Source http://jualbatikpekalonganindonesia.blogspot.co.id/ http://jualbatikpekalonganindonesia.blogspot.co.id/2015/04/teknik-pembuatan-batik-papua.html
Comments
Loading...