Jenis-jenis Batik Garutan

0 337

Jenis-jenis Batik Garutan

Batik Garutan adalah batik yang diproduksi dari Garut dan sebagian tanah Pasundan. Batik Garutan mempunyai ciri khas dalam hal kombinasi permainan warna. Warna-warna dasar yang digunakan cenderung warna cerah, seperti hijau, biru atau kuning. Ditinjau dari teknik pembuatannya, Batik Garutan kebanyakan diproduksi dengan teknik sablon / printing. Motif-motif yang digunakan kebanyakan motif alam, seperti bunga, daun dan burung. Batik Garutan lebih banyak diproduksi dalam bentuk selendang.

Primis Kencana Super
Batik Tulis Garut terkenal dengan corak Merak Ngibing (The Dancing Peacock), dan tak ketinggalan pula corak kupu-kupu yang sangat cantik.

Primis Kencana Premium
Corak dengan detail yang lebih halus ini menghasilkan Batik yang tidak saja cantik, namun juga menghasilkan kualitas Premium dari sebuah karya seni Batik Tulis.

Primis Kencana Xtra
Corak klasik mendominasi Batik Tulis Garut ini, Kupu2, kipas, gambar keraton adalah sedikit contoh dari corak Batik Tulis Garut yang sudah ada sejak zaman dulu.

Primis Kencana Xtra Plus
Batik Tulis Garut dengan kualitas Platinum, coraknya adalah pilihan dan hanya dikerjakan oleh para expert. Merak adalah corak andalan yang paling sering muncul pada tipe ini.

Primis Kencana Tipe Sarung
Batik Tulis Garut tipe sarung (memakai tumpal).

Source https://dhiniafianti.files.wordpress.com/2014/12/sejarah-batik-garut.docx
Comments
Loading...