Jenis Canting Cap

0 322

Jenis Canting Cap

Canting Cap adalah alat pokok yang digunakan untuk melekatkan malam pada proses pengecapan. Terbuat dari plat tembaga yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah motif batik. Canting cap terdiri dari tiga bagian: Bagian muka yang berbentuk susunan plat tembaga yang membentuk pola batik. Bagian dasar, untuk melekatkan bagian muka dan disebut “andangan”. Tangkai cap (garan) untuk pegangan pada waktu mencap.

Seperti halnya pada canting tulis (canting klowong, cecek, dan ngeblok), canting cap juga memiliki jenis yang bermacam-macam. Berikut jenis canting cap sesuai dengan penggunaanya ada tiga macam:

  1. Canting cap klowong, terdiri dari canting cap klowong rengreng dan canting cap klowong terusan.
  2. Canting cap tembokan, terdiri dari canting cap tembokan rengreng dan canting cap tembokan terusan.
  3. Canting cap jeblog, terdiri dari canting cap jeblog rengreng dan canting cap jeblog terusan.
  4. Canting cap biron, terdiri dari canting cap biron rengreng dan canting cap biron terusan.

Penggunaan canting cap klowong tidak ubahnya dengan membatik tulis klowong. Untuk pekerjaan selanjutnya harus menggunakan canting cap tembokan pada pekerjaan menembok. Sedangkan canting cap jeblog merupakan suatu canting cap dimana klowong rengreng dan tembokannya menjadi satu. Canting cap biron terdapat hanya di daerah-daerah pusat pembatikan tertentu misalnya Banyumas dan Pekalongan. Canting cap biron tersebut di samping digunakan untuk mbironi juga digunakan untuk merining.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-cap
Comments
Loading...