Jenis Batik Sendang

0 146

Jenis Batik Sendang

Batik Sendang memiliki karakteristik khas yang berbeda dari jenis batik lainnya. Untaian gambar Batik Sendang dikenal masyarakat Desa Sendangagung memiliki detail yang rumit dan kecil, sehingga seorang perajin batik dituntut harus memiliki kesabaran, ketelatenan, keuletan, ketangkasan tangan, kesadaran dan kestabilan emosi yang tinggi. Secara umum teknik mengerjakan Batik Sendang masih bersifat tradisional. Canting masih tetap digunakan sebagai alat untuk melukiskan malam (lilin) di atas kain.

Beragam jenis Batik Sendang dapat diklasifikasikan menjadi dua golongan, yaitu Batik Sendang Tradisional dan Batik Sendang Modern. Batik Sendang Tradisional dianggap memiliki makna dan nilai filosofi tertentu serta memiliki dampak pemakaian atau penggunaan. Sedangkan untuk Batik Sendang Modern merupakan ragam jenis batik yang hanya memiliki nilai guna sebagai citraan gaya hidup modern. Kedua golongan tersebut dipersepsikan secara positif oleh masyarakat Desa Sendangagung yang beranggapan bahwa dengan memakai Batik Sendang identitas kedaerahan, prestise sosial, harga diri, martabat, kepribadian, kewibawaan, dan gaya hidup dapat tersiratkan.

Konsumen Batik Sendang menjadi bangga bila mengenakan Batik Sendang di depan publik. Batik Tulis Sendang merupakan karya seni original yang bernilai tinggi. Dikerjakan oleh tenaga terampil dengan desain pilihan yang masih asli dengan unsur budaya lokal. Dahulu corak atau kreasi ukiran batik yang khas seperti daun-daunan, karena di desa Sendang Lamongan adalah daerah pegunungan yang asri banyak jenis pohon dan menjadi daya tarik seniman batik sebagai corak khas Batik Sendang ini.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com/ https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2014/10/02/batik-lamongan/
Comments
Loading...