Jenis Batik Lawas

0 223

Jenis Batik Lawas

Jenis Batik Lawas salah satunya adalah motif batik encim. Motif Batik Encim ini merupakan sebuah pola batik yang yang dibuat oleh usaha batik Oei Soe Tjun yang berada di daerah Kedungwuni. Usaha batik ini adalah salah satu kelompok yang menjadi pelopor dalam membuat batik halus dengan menggunakan teknik tradisional. Batik Encim Kedungwuni memiliki ciri khas dengan adanya tanda tangan Oey Soe Tjoen pada kain batik nya. Selain itu ada juga batik lawasan yang dibuat dan diciptakan oleh Na Swan Hien yang juga berasal dari daerah kedungwuni di Pekalongan.

Motif batik yang dibuat olehnya adalah Motif Batik Burung Phoenix dengan menggunakan latar belakang ukel dan dibuat dengan cara proses pembuatan dan juga dikerjakan dengan cara yang sangat halus. Batik halus yang dibuat oleh Na Swan Hien ini sangat banyak yang suka dan telah menjadi salah satu kain batik lawas yang sangat dicari oleh para kolektor batik lawas. Motif batik karya beliau memiliki cecekan yang sangat halus yang diperoleh dari penggunaan canting 0, selain itu kain batik ini juga memiliki efek tiga dimensi dan juga memiliki gradasi warna yang sangat menawan. Batik karya Na Swan Hein ini dibuat pada tahun sekitar 1945 dan bahan yang dipakai sebagai kain adalah kain mori Belanda. Batik lainnya adalah batik hokokai yang merupakan sebuah motif dengan gaya batik yang menggunakan banyak detail dan merupakan sebuah motif batik yang menggabungkan beberapa motif batik.

Dalam Batik Hokokai ini terdapat beberapa ciri batik pagi-sore, kemudian Motif Batik Terang Bulan dan juga Motif Batik Tanahan Semarangan. Batik Hokokai ini memiliki ciri dengan memiliki bentuk latar yang penuh dan juga memiliki detail yang digabungkan dengan bentuk bunga yang menggunakan warna yang sangat cerah. Motif batik yang bernama terang bulan adalah sebuah motif batik yang memiliki desain segi tiga besar yang berbentuk ke atas dan menggunakan latar belakang motif batik yang sederhana. Keindahan Motif Batik Lawas ini telah menarik minat banyak orang sehingga saat ini terdapat pembuatan motif batik baru yang menggunakan motif batik lama. Pembuatan kembali motif batik lama ini memiliki beberapa maksud, yang diantaranya adalah untuk melestarikan motif batik tersebut agar tetap ada dan dikenal oleh masyarakat luas dan tujuan yang lain adalah untuk membuat masyarakat lebih mengenal keindahan Motif Batik Lawas.

Source https://bibolku.wordpress.com/ https://bibolku.wordpress.com/2015/11/25/jenis-batik-lawas/ http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...