Jenis Batik Indonesia Berdasarkan Cara Pembuatannya

0 57

Jenis Batik Indonesia Berdasarkan Cara Pembuatannya

Batik Indonesia adalah seni menghias kain menggunakan canting dan cairan lilin malam, berikut teknik serta metode khusus, sehingga mampu menghasilkan corak khas bernilai seni tinggi. Teknik membatik sebenarnya sudah banyak diterapkan jauh sebelum mulai masuk ke Nusantara.

Terutama di negara-negara bagian Timur Tengah seperti Mesir, Turki, India, China, juga Jepang. Kendati demikian, hanya Indonesia yang berhasil mengembangkan metode serta teknik membatik hingga sedemikian kompkleksnya.

Keindahan batik dari Indonesia sudah tersebar hingga ke penjuru dunia. Bahkan kerajinan Indonesia itu telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009. Metode pembuatan batik Indonesia terus berevolusi.

Tiga cara pembuatan

Teknik Batik Tulis

Metode ini merupakan metode yang pertama kali ada di Indonesia. Kegiatan membatik dengan menggunakan teknik tulis butuh waktu sangat lama. Alasannya, setiap titik dan garis dibuat secara manual menggunakan canting.

Tak jarang rentan waktu pengerjaan dapat mencapai berbulan-bulan lamanya. Karena metode ini merupakan salah satu dari jenis kerajinan tangan. Setiap motif yang dihasilkan pasti memiliki nuansa berbeda. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi. Jadi tidak mengherankan bila harga jual kain jenis ini lebih mahal.

Teknik Batik Cap

Proses pembuatan batik indonesia menggunakan teknik cap tidak memakan waktu terlalu lama bila dibandingkan teknik tulis. Pengrajin sudah menyediakan alat sebagai cetakan motif yang akan dibuat. Sehingga hasilnya pun hanya akan menghasilkan pola tertentu dan sifatnya berulang. Pola pada teknik cap juga cenderung lebih renggang dibandingkan dengan teknik tulis.

Teknik Batik Printing

Teknik printing merupakan metode dengan biaya paling terjangkau. Pengerjaannya cepat karena menggunakan sistem sablon. Kain katun paling sering dijadikan bahan sebagai media cetak menggunakan teknik printing.

Source https://qlapa.com/ https://qlapa.com/blog/batik-indonesia
Comments
Loading...