Jenis Batik Cirebon

0 546

Jenis Batik Cirebon

Motif batik yang dibuat oleh masyarakat Kota Cirebon dapat dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Motif Batik Wadasan, Motif Batik Geometris, Motif Batik Pangkaan, Byur dan juga Semarangan. Kategori pada batik pertama adalah Motif Batik Wadasan. Motif batik ini umumnya menggunakan motif dengan bentuk dan juga pola batik yang berasal dari keraton Cirebon. Kelompok motif batik ini pada umumnya disebut dengan Batik Keraton, beberapa nama motif batik ini disebut dengan nama Motif Batik Singa Payung, Motif Batik Naga Saba, Motif Batik Taman Arum, dan juga Motif Batik Mega Mendung. Motif Batik Geometris merupakan motif batik yang bentuk proses pembuatannya menggunakan alat bantu yang berupa penggaris.

Proses pembuatan pada motif batik ini dibuat dengan cara diberi bentuk garis terlebih dahulu. Motif batik yang menggunakan bentuk garis ini diantaranya adalah Motif Batik Tambal Sewu, Motif Batik Liris, Motif Batik Kawung, Motif Batik Lengko-Lengko dan beberapa motif batik lainnya. Kategori batik yang kedua adalah Motif Batik Pangkaan. Motif batik dengan jenis ini merupakan batik yang memperlihatkan bentuk pohon atau bisa juga merupakan motif batik dengan rangkaian bunga yang lengkap. Kategori batik yang ketiga memiliki motif dengan nama seperti Motif Batik Pring Sedapur, Motif Batik Kelapa Setundung, dan beberapa Motif Batik Pangkaan lainnya. Kelompok motif batik lainnya adalah motif yang disebut dengan Byur. Motif batik ini memiliki motif batik yang penuh dengan bentuk bunga dan juga bentuk daun kecil yang ada di sekeliling motif batik pokok.

Nama motif batik dengan jenis ini diantaranya adalah Motif Batik Karang Jahe, Motif Batik Mawar Sepasang, Motif Batik Dara Tarung, dan Motif Batik Banyak Angrum dan beberapa motif batik lainnya. Kategori batik yang terakhir adalah Motif Batik Semarangan. Motif batik dengan kelompok ini pada umumnya menggunakan motif yang ditata yang dibentuk secara ceplok dengan bentuk pola yang sama dan juga motif batik yang ditata dengan cara ditata agak renggang. Contoh motif baju batik dengan jenis ini adalah motif Piring Selampad dan juga motif batik Kembang Kantil dan beberapa motif batik lainnya.

Source Jenis Batik Cirebon Batik
Comments
Loading...