infobatik.id

Jenis Bahan Katun yang Bisa Digunakan untuk Batik

0 45

Jenis Bahan Katun yang Bisa Digunakan untuk Batik

Batik merupakan salah satu jenis kerajinan khas Indonesia yang sudah dikenal diseluruh dunia. Batik dibuat diatas media kain dengan teknik cap dan teknik tulis. Pada batik yang dibuat dengan teknik tulis waktu yang dibutuhkan untuk proses pengerjaannya lebih lama dan membutuhkan ketelitian yang tinggi dibanding dengan batik yang dibuat dengan teknik cap. Bahan utama batik selain malam atau lilin yaitu bahan kain, salah satu jenis kain yang digunakan katun. Ada beberapa jenis katun yang dipakai untuk proses membatik yaitu :

  • Katun Primis

Kain yang memiliki serat benang yang lebih rapat. Kainnya tebal dan halus. Katun primis memiliki berbagai tingkatan kualitas. Primis Cap Cent memiliki kualitas dan harga yang terjangkau, sedangkan Primis Cap Bendera memiliki kualitas dan harganya yang menengah. Dan Primis Cap Kereta Kencana memiliki kain yang sangat halus dan harganya paling mahal. Kain ini memiliki lebar 103-105 cm, karena kain ini buatan pabrik maka tidak ada ukuran lebih besar dari itu.

  • Kain Santyu

Kain ini memiliki kualitas dan harga sedang atau menengah, karena itu banyak batik yang menggunakan kain katun Santyu. Kain Santyu terdiri dari 2 macam yaitu kain Santyu A dan kain Santyu B, dimana kain Santyu A lebih baik dibandingkan kain Santyu B. Kain ini memiliki lebar 110-115 cm.

  • Katun Samforis

Jarang batik katun yang dibuat dari katun Samforis,karena harganya yang mahal. Kain ini biasanya digunakan untuk bahan jas atau celana.

Source Jenis Bahan Katun yang Bisa Digunakan untuk Batik Kain Batik
Comments
Loading...