Jazid Promosikan Batik Ciri Khas Purworejo

0 145

Jazid Promosikan Batik Ciri Khas Purworejo

Seniman Batik khas Purworejo, Jazid Bastomi menciptakan tiga motif baru yang menggambarkan ciri khas Purworejo. Ketiga batik tersebut dibuat untuk menyambut Lebaran sekaligus akan diikutsertakan dalam pameran fashion batik dan kerajinan di Jakarta pekan depan. Ketiga motif batik yang diciptakan diberi nama Motif Ketupat, Bunga Rampai, dan Jatimalang.

Ketiganya merupakan motif kreasi pribadi Jazid yang digarap selama tiga bulan dengan masing-masing motif memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk penggarapannya. Ketiga motif tersebut merupakan motif yang terinspirasi dari apa yang saya temui di Purworejo. Ketupat merupakan satu ciri khas Lebaran di Purworejo, Bunga Rampai merupakan gambaran bunga-bunga liar namun indah yang ada di sini, dan Jatimalang merupakan motif yang terinspirasi dari keindahan pantai Jatimalang.

Dari ketiga motif tersebut bahwa Motif Ketupat merupakan motif khusus yang bertemakan Lebaran. Untuk motif ini ia sengaja tidak mengambil bentuk ketupat melainkan teksturnya. Dengan hanya mengambil tekstur pola anyaman ketupat, motif batik ini tidak hanya populer di sekitar Lebaran, namun di lain waktu juga. Ketiga motif tersebut akan dibawanya mengikuti pameran di Jakarta beserta sekitar 150 motif lain yang telah ia kreasikan selama ini. Ia berharap, melalui motif batik kreasinya, Purworejo bisa semakin dikenal.

Source http://jogja.tribunnews.com/ http://jogja.tribunnews.com/2012/08/04/jazid-promosikan-batik-ciri-khas-purworejo
Comments
Loading...