Jawa Barat Kembangkan Potensi Penghasil Batik

0 466

Jawa Barat Kembangkan Potensi Penghasil Batik

Provinsi Jawa Barat mempunyai potensi besar dalam kesenian, budaya, dan keterampilan. Salah satunya, keberadaan batik khas Jawa Barat. Potensi tersebut perlu diberdayakan pemerintah guna mengembangkan pusat penghasil batik, baik Batik Keratonan maupun pesisir. Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Jawa Barat Wawan Hernawan, terkait pameran batik yang akan digelar 3-4 Juli mendatang.

Batik merupakan salah satu warisan dunia yang dimiliki Indonesia, khususnya di daerah Jawa Barat dengan ciri khas. Kekhasan itu, tidak dimiliki daerah penghasil batik lainnya di nusantara. Ini merupakan potensi pengembangan yang harus difasilitasi pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah harus merangkul potensi-potensi perajin batik dan mengembangkan pasar batik. Pameran kali ini merupakan ide baru yang menggabungkan hasil perajin batik di Jabar. “Saya kira ini pertama kali dilaksanakan pameran batik se-Jabar, setelah sebelumnya digelar pameran batik lokal di masing-masing daerah,” ucap Wawan.

Hal senada diungkapkan Presiden Arena Kultural Universal sebagai penggagas pameran batik Wawan Juanda. Dia mengatakan, Jabar merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi besar produk batik, baik klasik maupun kontemporer. “Seni membatik ini menghasilkan industri kreatif yang sudah masuk ranah gaya hidup anak muda atau masyarakat kelas menengah yang lebih luas,” ujarnya.

Dalam pameran nanti, akan menghadirkan sentra-sentra penghasil batik Jabar, yakni 50 gerai batik. Seni batik klasik akan menghasilkan industri kreatif dari wilayah pesisir, seperti batik Cirebon dan Indramayu. Selain itu, seni batik klasik Garut, Ciamis, dan Tasikmalaya. Sedangkan Batik Kontemporer terbagi dua kelompok, yaitu Batik Kontemporer Bandung dan Batik Kontemporer Jabar, yaitu Kab. Bandung Barat, Cimahi, Kuningan, Majalengka, Subang, Purwakarta, dan Bekasi.

Source Jawa Barat Kembangkan Potensi Penghasil Batik Batik
Comments
Loading...