Jarak Arum, Batik Bermotif Khas Dari Eks-lokalisasi Jarak

0 6

Jarak Arum, Batik Bermotif Khas Dari Eks-lokalisasi Jarak

Siapa yang tidak kenal dengan Dolly dan Jarak, kawasan yang sempat menjadi lokalisasi terbesar di Asia Tenggara. Kawasan Dolly dan Jarak secara tidak langsung memberikan dampak yang sangat besar bagi perekonomian penduduk di sekitarnya, termasuk warga jarak.

Berlokasi di Putat Jaya gang III no.24, sentra batik tulis yang dibina oleh Pengky dan Fitri mengadakan pelatihan sekaligus sebagai lokasi produksi batik tulis bersama dengan 13 pengrajin lainnya. Lokasi yang mereka tempati ini dulunya adalah wisma dan tempat karaoke. Sekarang lokasi tersebut telah diubah menjadi tempat pembelajaran sekaligus pembuatan batik tulis.

Batik tulis yang mereka produksi juga hanya bisa ditemukan di Jarak. Ini karena batik tulis yang mereka buat memiliki ciri khas yang membedakannya dengan batik tulis lainnya. Dengan nama batik jarak arum, kain tradisional ini menggunakan desain yang menonjolkan ciri khas Jarak.

Kegiatan sentra batik jarak arum terdiri dari berbagai proses pembuatan batik mulai dari pembuatan desain, paulette, fiksasi, canting sampai penglorotan. Selembar kain batik jarak arum dihargai dengan harga Rp 200.000 sampai Rp 300.000. Sistem pemasaran yang dilakukan masih sederhana dan bersifat lokal.

Biasanya mereka memasarkan batik jarak arum melalui bazar dan pameran yang diadakan oleh pemkot Surabaya. Sentra batik jarak arum juga terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar seluk-beluk proses pembuatan batik tulis. Fitri mengungkapkan bahwa anak-anak SD banyak yang ikut belajar membatik di tempatnya.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/gaya/jarak-arum-batik-bermotif-khas-dari-eks-lokalisasi-jarak-setahun-penutupan-dolly-4.html
Comments
Loading...