Jalan Cerita Hadirnya Batik Di Indonesia

0 120

Jalan Cerita Hadirnya Batik Di Indonesia

Batik di Indonesia sangat erat hubungannya dengan kerajaan majapahit di jawa. Pada masa kerajaan mataram, Batik banyak diproduksi. Termasuk juga Solo dan Yokyakarta. Penyebaran seni batik menjadi milik rakyat Indonesia khususnya Jawa setelah akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19. Semua batik yang diproduksi untuk awal abad ke-20 Atau setelah perang dunia sekitar tahun 1920. Dijawa, Banyak kerajinan Batik dan kemudian menjadi sumber pencarian Ekonomi.

Seni batik banyak ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan perempuan dalam rumah tangga untuk mengisi waktu luangnya. Selain itu, pakaian batik hanya digunakan keluarga kerajaan, kemudian menjadi pakaian rakyat yang sangat populer Dari bahan Kain putih yang juga hasil tenunan sendiri. Bahan pewarna terdiri dari tanaman asli Indonesia antara lain dari: pohon noni,  soga, nila, dan bahan dibuat dari abu soda, serta garam yang terbuat dari tanah lumpur.

Sekitar tahun 1800, Pekalongan mulai mengenal batik. Namun menurut perkiraan yang ada, Batik dipekalongan dibiau sekitar 1802 dengan Motif pohon. Seiring waktu, Batik Pekalongan mengalami perkembangan pesat dibandingkan dengan daerah yang lain. Daerah pesisir pekalongan yang berkembang seperti Derah buaran, Pekajangan, dan Wonopringgo.

Batik pekalongan menjadi sangat unik karena banyak pengusaha kecil yang mendagangkan hasil karyanya sejak beberapa tahun yang lalu hingga sekarang Dan sebagian karya batik pekalongan dipekerjakan di rumah. Akibatnya, batik pekalongan memiliki hubungan erat dengan masyarakat yang sekarang terbagi dalam 2 wilayah kota dan kabupaten pekalongan. Selain itu, Batik pekalongan adalah sumber kehidupan bagi banyak warga Pekalongan. Namun demikian, mirip dengan usaha kecil dan menengah lainnya. Berdasarkan perkembangan zaman, Bisnis Batik Dipekalongan menghadapi adanya pesaing baru seperti Vietnam yang memproduksi Hasil batik yang lebih Modern.

Source http://www.martinrecords.com/ http://www.martinrecords.com/history/jalan-cerita-hadirnya-batik-di-indonesia/
Comments
Loading...