Jaga Warna Batik Tak Cepat Memudar dengan 4 Bahan Dapur

0 130

Jaga Warna Batik Tak Cepat Memudar dengan 4 Bahan Dapur

Semua orang yang memiliki batik pasti menyimpan dilema tersendiri dalam merawatnya, terutama jika batik tersebut luntur ketika dicuci. Batik yang terlalu sering dicuci akan menyusut dan berubah warna, lantas bagaimana membuat warna batik tetap cerah, walaupun sering dicuci. Berikut ini adalah beberapa bahan alami untuk menjaga warna batik tetap seperti semula.

  1. Garam

Tambahkan satu sendok makan garam ketika mencuci batik. Kenapa dipilih garam karena zat klorida yang terdapat dalam garam akan membantu warna tetap diam di kain, sehingga mengurangi pemudaran.

  1. Air Dingin

Kain yang dicuci menggunakan air dingin akan membantu menjaga warna kain dari pemudaran.

  1. Cuka

Tambahkan 1/2 cangkir cuka putih saat membilas kain batik dan cairan ini akan membantu warna mempertahankan intensitasnya. Sebelum pencucian kain batik untuk pertama kali, rendam selama 30 menit dengan air yang telah dicampur 1/2 cangkir cuka dan 2 sendok teh garam.

  1. Soda kue

Soda kue tidak hanya berfungsi untuk menjaga gigi putih, namun jika ditambahkan 1/2 cangkir soda kue ke dalam air yang digunakan untuk mencuci batik, cara ini akan membantu kain mempertahankan kecerahan warnanya

  1. Alat pengering

Sinar matahari dapat membuat warna batik memudar seiring waktu. Jika ingin menjaga warna batik tetap bertahan lama, setelah mencucinya, gunakan alat pengering.

Source http://www.liputan6.com/ http://lifestyle.liputan6.com/read/2615133/jaga-warna-batik-tak-cepat-memudar-dengan-4-bahan-dapur-ini
Comments
Loading...