Iwet Ramadhan Ajak Masyarakat Pahami Batik

0 28

Iwet Ramadhan Ajak Masyarakat Pahami Batik

Iwet Ramadhan, sekarang ini dikenal sebagai perancang batik, melihat Hari Batik Nasional tahun ini menjadi momentum penting agar masyarakat memahami batik. “Sekarang bukan waktunya kita mengenalkan batik lagi tapi pemahaman. Mulai dari cara membuat, arti motifnya, filosofinya, paham juga batik harus dipakai ke mana,” kata Iwet.

Pemilik lini busana batik Tik Prive ini ingin masyarakat mengenal filosofi dan arti motif batik sehingga bila memiliki kain batik, mereka tahu kapan harus menggunakannya. Misalnya, Batik Motif Parang yang seharusnya hanya untuk raja, kini banyak dipakai untuk pengantin. Filosofi motif parang, yang menyimbolkan kepemimpinan, kurang pas digunakan oleh pengantin meski mereka menjadi raja dan ratu sehari. Pasangan pengatin bisa memakai kain motif sidomukti atau sidomulyo, yang bermakna kemuliaan hidup, saat hari besar mereka.

Pemahaman bagi Iwet adalah dasar segalanya. “Kita jadi tahu apa yang kita perjuangkan dan lebih menghargai sesuatu.” Bukan berarti ia tidak menyukai ada usaha untuk mengembangkan atau memodifikasi motif batik asalkan tidak merusak filosofi yang terkandung pada setiap titik dan garis. Iwet menggunakan media sosial untuk menyebarluaskan motif batik selain juga mengadakan kelas membatik melalui bisnis busananya.

Source http://www.republika.co.id/ http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/15/10/03/nvmufb328-iwet-ramadhan-ajak-masyarakat-pahami-batik
Comments
Loading...