Iwan Tirta Private Collection, dan Ikonik Mickey

0 27

Iwan Tirta Private Collection, dan Ikonik Mickey

Batik adalah suatu karya seni yang timeless dan bisa mewakili masing-masing generasi, bisa diwariskan ke generasi berikutnya. Proses balik layar pembuatan batik koleksi kolaborasi Disney Indonesia dan Iwan Tirta Private Collection dalam rangka perayaan ulang tahun ke-90 Mickey Mouse.

Tak hanya itu, tim Iwan Tirta Private Collection juga menerjemahkan karakter optimistis tokoh Mickey ke dalam motif batik garuda serakit. Garuda serakit terinspirasi dari garuda sebagai simbol Negara Indonesia. Motif garuda serakit sebetulnya diciptakan oleh maestro batik Go Tik Swan yang merupakan guru Iwan Tirta.

Go Tik saat itu diminta oleh Presiden Soekarno untuk membuat motif batik yang mewakili Indonesia, bukan daerah-daerah tertentu. Namun, motif garuda serakit tersebut kemudian dikembangkan oleh Iwan Tirta dengan ukuran yang cenderung lebih besar.

Di balik simbol garuda, tersemat makna dan harapan dari para bapak bangsa agar Indonesia bisa menjadi negara yang berkembang dan maju di kemudian hari. Karakter Indonesia pun masih terasa kuat pada koleksi yang memadukan motif garuda serakit dan kepala ikonik Mickey tersebut.

Sketsa motif batik kolaborasi Disney Indonesia dan Iwan Tirta Private Collection dalam rangka ulang tahun ke-90 Mickey Mouse. Dalam satu pola terdapat sembilan motif kepala Mickey yang melambangkan angka usia tokoh ikonik Disney tersebut.

Motif itu kemudian dituangkan pada kain sutra ATBM yang ditambahkan emas prada. Emas dinilai sangat berkaitan dengan sebuah momentum perayaan. Delapan koleksi kolaborasi ini terdiri dari kemeja pria dan cocktail dress yang tersedia dalam empat warna, yakni merah, biru, putih, dan hitam sebagai warna khas Mickey.

Source https://lifestyle.kompas.com/ https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/24/193654320/motif-ikonik-mickey-mouse-hiasi-batik-kolaborasi-disney-x-iwan-tirta
Comments
Loading...