Iwan Tirta, Desainer Baju Batik Indonesia yang Telah Mendunia

0 24

Iwan Tirta, Desainer Baju Batik Indonesia yang Telah Mendunia

Popularitas batik semakin meningkat dari tahun ke tahun. Memakai baju batik Indonesia tidak lagi harus pada saat acara resmi saja. Dulunya, identitas batik memang melekat dengan hal-hal ‘kuno’ dan ketinggalan jaman. Seiring dengan meningkatnya popularitas batik, pandangan tersebut mulai hilang. Salah satu desainer yang mempopulerkan baju batik Indonesia dan menjadikannya sebuah tren fashion yaitu Iwan Tirta.

Iwan Tirta lahir di Blora, Jawa Tengah, 18 April 1935. Iwan Tirta adalah perancang busana yang karya-karya bajunya menggunakan unsur batik. Batik rancangannya digunakan sebagai pakaian tradisional yang dikenakan para kepala negara pada pertemuan APEC tahun 1994.

Iwan Tirta memulai kecintaannya pada batik saat ia mengadakan riset seputar tarian di Susuhanan, Surakarta. Pada tahun 1966, ia menyelesaikan buku tentang baju batik Indonesia yang berisikan pola dan motif batik dengan aspek sejarah dan sosiologi.

Iwan kemudian mengubah pola-pola batik yang biasa digunakan untuk kerja menjadi lebih modern dan unik. Rancangannya berhasil masuk ke majalah internasional, seperti Vogue, Harper’s Bazaar, Architechture’s Digest, New York Times, Asia Weeks, dan National Geographic.

Batik Iwan Tirta telah dikenakan sejumlah pemimpin dunia, seperti Nelson Mandela, Ronald Reagan, dan Bill Clinton. Iwan Tirta juga pernah diminta merancang busana batik untuk George W. Bush dan istrinya. Selain itu, koleksinya juga pernah ditampilkan dalam berbagai pagelaran busana, seperti Paris, Rio de Janeiro, Tokyo, Sydney, dan New York.

Di Indonesia, busana karya Iwan Tirta cenderung digemari oleh kalangan atas. Harga satu kemeja batik bervariasi, ada yang seharga Rp 6 juta dan ada juga yang mencapai Rp 15 juta. Walau sudah wafat pada tahun 2010, filosofi Iwan Tirta mengenai dunia fashion Indonesia tetap tercermin melalui berbagai private collection dan fashion show yang rutin diadakan oleh timnya.

Source https://www.dbs.com/id/index-id/default.page https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-awesome/desainer-baju-batik-indonesia-yang-telah-mendunia.page
Comments
Loading...