Iriani Ingin Batik Kulonprogo Go International

0 228

Iriani Ingin Batik Kulonprogo Go International

Calon Wakil Bupati BRAy Iriani Pramastuti bertekad ingin mengangkat potensi batik yang ada di Kulonprogo. Batik merupakan warisan budaya harus Go International. Caranya ha rus mampu mengombinasikan motif batik dari negara asing dengan memperbanyak promosi dan pameran. “Batik Kulonprogo harus Go International, karena menjadi bagian dari kehidupan masyarakat,” kata Iriani. Mereka mampu mengkreasikan berbagai motif untuk dikombinasikan dalam batik tulis cap maupun batik kombinasi. Bahkan beberapa corak batik dari luar Kulonprogo juga banyak yang dikombinasikan menjadi karya batik yang menawan. Motif batik etnis juga bisa di kreasikan dengan batik kontemporer yang mengikuti perkembangan zaman.

Jadi Batik Kulonprogo sudah banyak dipasarkan ke luar Jawa karena mengombinasikan berbagai motif daerah. Iriani juga ingin menjadikan batik sebagai salah satu bagian dari usaha yang dikelola UMKM. Mereka mampu menyerap dan menyediakan lapangan kerja agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga nantinya akan dibentuk instalasi pengolahan limbah bersama agar tidak mencemari lingkungan.

Perajin Batik Kulonprogo, Sumarti mengatakan, perkembangan pasar menjadikan motif batik kian maju. Pasar yang semakin luas banyak mengingin kan batik cap tulis, ataupun kombinasi. Sedangkan mo tif abstrak lebih luas membidik pasar dan lebih banyak disukai. Meskipun batik tradisional khas Kulonprogo de ngan motif grinsing dan galaran tetap ada yang memburu. Harapan tentu munculnya pasar-pasar batik yang baru, agar industri batik tetap berkembang.

Source http://koran-sindo.com/ http://koran-sindo.com/page/news/2017-01-19/5/11/Iriani_Ingin_Batik_Kulonprogo_Go_International
Comments
Loading...