IPEMI Gelar Acara “Tribute Batik Bekasi”

0 26

IPEMI Gelar Acara “Tribute Batik Bekasi”

Bertepatan dengan Hari Batik Nasinal, 2 Oktober, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) menggelar serangkaian acara yang bertemakan “Tribute Batik Bekasi” di Hall Revo Town Bekasi, (02/10). Acara yang dikemas dengan kegiatan bazar dan fashion show itu berlangsung meriah, ditambah lagi dengan dentuman musik melayu dan iringan angklung yang dibawakan oleh anggota IPEMI Bekasi membawa acara kian hidup. Hadir dalam acara tersebut Ketum IPEMI Pusat Ingrid Kansil, Istri Walikota Bekasi Gunarti Rahmat Effendi, Istri Wakil Walikota bekasi Sekaligus penasehat IPEMI Bekasi Ibu Lilik Wahidah Syaikhu, General Manager Revo Town Bekas Hargo Dwi Hendriyanto, Direktur BPRS Patriot Bekasi Syahril T. Alam, Ketua IPEMI Pengurus Wilayah Jawa Barat Diah Ivoniarty, dan IPEMI pengurus pusat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ingrid mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya anggota IPEMI untuk terus melestarikan batik nasional yang sudah menjadi warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. IPEMI komitmen melestarikan batik nasional dengan cara terus menumbuhkan pengrajin-pengrajin batik dan membudayakan batik dipakaia oleh seluruh masmyarakat Indonesia.

Setiap daerah mempunyai khasan batiknya masing-masing, tak terkecuali Bekasi. Bekasi dikenal mempunyai ragam motif batik yang menarik-menarik. Motif-motif tersebut diambil dari pelbagai unsur budaya dan peradab asli Bekasi. Singkatnya terdapat 12 pakem yang dikatagorikan motif batik khas Bekasi, yang terbagi kedalam 5 kategori, yaitu : Flora (dintaranya Bambu,  Buah Kecapi, Bunga Melati dan Teratai), Fauna (diantaranya Ikan Gabus, Lele,Ikan Sepat dan Ikan Betik), Sejarah (diantaranya Gedung Juang Tambun, Kali Bekasi, Monumen Perjuangan dan Bambu Runcing), Budaya (diantaranyaTari Topeng, Legenda Rawa Tembaga, permainan anak seperti Benteng serta Tanidor), dan Batik Terang warna Hijau Lumut, Hijau Daun dan Merah Tanah). Dari sekian motif itu, menurut Ketua IPEMI Kota Bekasi Hj. Yuyun Rahayu, yang paling banyak digemari masyarakat, khususnya kalangan perempuan adalah batik bermotif teratai. Batik bermotif tertai sepertinya paling banyak disukai ibu-ibu. Karena terlihat feminism dan warnanya bagus-bagus.

Source https://www.ibadah.id/ https://www.ibadah.id/news/ipemi/821/peringati-hari-batik-ipemi-gelar-acara-tribute-batik-bekasi.html
Comments
Loading...