Inspirasi Batik Pekalongan Berdasarkan Kegunaannya

0 158

Inspirasi Batik Pekalongan Berdasarkan Kegunaannya

Batik Pekalongan merupakan salah satu kerajinan dengan menghias kain batik oleh para pengrajin di Kota Pekalongan. Pekalongan punya motif khas nan dipadukan dengan variasi warna atraktif. Alhasil, membuatnya sangat unik dan berbeda dengan produk dari daerah lain. Selain itu, hasil kerajinan ini berhasil menempatkan Pekalongan sebagai World’s city of batik oleh UNESCO pada katergori crafts & Folk art.

Batik Pekalongan dengan warna dan kekhasan motifnya, memberikan kesan tersendiri kepada pemakainya saat digunakan pada acara-acara tertentu. Kalau bingung milih produk yang tepat, simak tips berikut sebagai bahan panduan:

  • Pernikahan. Ketika mengadakan acara sakral, semisal pernikahan, kedua mempelai sangat disarankan memilih kain batik yang terbuat dari sutra atau semi sutra. Alasannya, dapat menjadikan kedua pengantin terlihat glamor. Sedangkan untuk panitia, sebaiknya menggunakan kain katun. Alasannya, panitia banyak bergerak sehingga memerlukan kain dengan karakteristik adem, tidak gerah dan tetap comfort ketika dipakai.
  • Tempat kerja. Kesan profesional saat berkerja akan semakin kuat jika ditunjang dengan busana yg tepat. Maka, pilih produk berbahan katun primisima. Alasannya, kain katun primisima memiliki motif unik yang tidak dijual secara pasaran.
  • Seragam sekolah. Anak sekolah relatif aktif dan banyak bergerak. Maka, pilih produk dengan bahan utama katun prima. Alasannya, katun prima dapat menyerap keringat dengan baik, serta adem saat dipakai. Selain itu, harganya pun relatif terjangkau.
Comments
Loading...