infobatik.id

Inovasi Produk Canting Cap Kertas

0 90

Inovasi Produk Canting Cap Kertas

Alat batik cap yang menggunakan limbah kertas merupakan kreasi dan inovasi terbaru, konon pertama kali diperkenalkan oleh Nurrohmad warga Sewon, Bantul, Yogyakarta. Beliau pada awalnya hanya mencoba membuat alat batik cap dari limbah kertas yang terdapat di sekitar rumahnya.

Dari hasil temuannya ternyata alat batik cap kertas yang dibuat dari limbah kertas tersebut dapat digunakan hingga ratusan kali. Canting cap kertas kemudian dipakai menjadi salah satu alternatif alat batik untuk menekan biaya produksi sekaligus memudahkan banyak orang ketika membuat batik.

Dilihat secara sepintas canting cap kertas ini memang tampilannya seperti alat cap batik yang selama ini digunakan oleh perajin batik cap. Namun jika dicermati dengan seksama, akan tahu bahwa alat cap batik ini terbuat dari bahan yang berbeda  yakni limbah kertas.

Dari segi pembuatan, canting cap kertas sendiri memang cukup sulit dan lama karena terdiri dari beberapa tahap. Mulai dari membuat sket motif batik di atas kayu dengan menggunakan pensil, kemudian limbah kertas seperti bekas kardus dipotong-potong kecil dan ditempelkan di atas kayu yang sudah dilukis.

Setelah seluruh lukisan motif ditempeli kertas maka jadilah alat batik cap dari kertas dan dapat digunakan untuk membuat batik cap. Dari seluruh proses tersebut hampir semuanya membutuhkan proses cukup lama agar mendapatkan hasil yang maksimal bagus.Pembatikan dengan canting cap kertas, prinsip kerjanya kurang lebih hampir sama dengan proses membatik menggunakan canting tulis yang melewati pemalaman, pewarnaan, dan pencelupan atau pelorodan. Semakin banyak warna yang dibutuhkan maka semakin banyak pula proses pemberian malam, pewarnaan, dan pencelupan yang dilakukan.

Pembatik cap bisa mengatur suhu panasnya malam yang akan dicapkan pada kain dengan ketelitian dari segi bentuk motif. Canting cap kertas sangat mudah untuk digunakan, tidak hanya dikalangan orang tua tapi juga bisa dipakai untuk anak-anak.

Source Inovasi Produk Canting Cap Kertas Alat Batik Cap
Comments
Loading...