Inovasi Batik Bantul

0 389

Inovasi Batik Bantul

Batik yang berasal dari Kota Bantul dibuat oleh para seniman yang berasal dari Kota Bantul itu sendiri dan kota ini memiliki banyak sekali seniman batik. Motif Batik yang berasal dari Kota Bantul ini merupakan Motif Batik yang telah berkembang dan mengalami pembaharuan dan juga inovasi dalam bentuk pengembangan motif dari batik asal kota ini.

Perubahan yang dilakukan pada Batik Bantul adalah suatu proses yang dilakukan oleh para seniman batik untuk membuat berbagai macam jenis motif yang baru atau bahkan membuat berbagai macam kreasi kerajinan dari bahan dasar yang menggunakan kain batik.

Batik yang berasal dari Kota Bantul ini merupakan sebuah batik yang telah lama ada dan memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikan batik yang berasal dari kota ini dapat dengan mudah dikenali. Beberapa ciri yang dapat ditemukan dalam Motif Batik yang berasal dari Kota Bantul ini diantaranya adalah batik yang berasal dari Bantul ini pada umumnya menggunakan warna yang cenderung lembut dan berwarna teduh seperti warna hijau pupus, ungu, sogan dan juga menggunakan warna merah hati.

Ciri khas yang kedua untuk mengenali Batik Bantul ini adalah pencelupan dan juga rebusan kain ini prosesnya adalah dengan menggunakan kenceng logam kuningan yang membuat daya lengket dan juga pewarna yang digunakan menjadi lebih awet dan membuat warna yang ada pada kain batik yang berasal dari Kota Bantul ini menjadi tidak cepat pudar dan memiliki warna yang bertahan lama.

Source Inovasi Batik Bantul Batik
Comments
Loading...