Inilah Tiga Motif Batik Terpopuler Di Indonesia

0 13

Inilah Tiga Motif Batik Terpopuler Di Indonesia

Sebagai kekayaan budaya bangsa, pada tahun 2008, pemerintah mendaftarkan batik ke dalam jajaran daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO. Hingga akhirnya pada tanggal 2 Oktober UNESCO menetapkan batik merupakan Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia. Setelah penetapan itu, maka Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional pada 2 oktober. Hal ini juga dikuatkan dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Nah karena hari ini Selasa (2/10) kita sedang memperingati Hari Batik Nasional, maka yuk mengenal tiga motif batik paling populer di Indonesia.

Motif Batik Tujuh Rupa (Pekalongan)

Motif batik tujuh rupa dari Pekalongan ini sangat kental dengan nuansa alam. Pada umumnya, batik Pekalongan menampilkan bentuk motif bergambar hewan atau tumbuhan. Motif-motif tersebut diambil dari berbagai campuran kebudayaan lokal dan etnis cina. Pasalnya, dulu Pekalongan adalah tempat transit para pedagang dari berbagai negara. Sehingga, akulturasi budaya itulah yang membuat batik Pekalongan sangat khas dengan alam, khususnya motif jlamprang, motif buketan, motif terang bulan, motif semen, motif pisan bali dan motif lung-lungan.

Motif Batik Keraton (Yogyakarta)

Motif batik Keraton berasal dari kebudayaan Jawa yang kental dengan sistem kekeratonan dan kesultanannya. Batik keraton ini melambangkan kearifan, kebijaksanaan, dan juga kharisma raja-raja jawa. Dulunya, batik asal Yogya ini hanya boleh dipakai warga keraton saja, namun sekarang sudah umum dipakai siapa saja. Ciri motif batik Keraton adalah motif bunga yang simetris atau saya burung yang dikenal sebagai motif sawat lar. Motif ini bisa dibilang paling banyak dipakai baik oleh orang Indonesia maupun orang luar negeri.

Motif Parang (Jawa)

Parang berasal dari kata pereng atau miring. Bentuk motifnya berbentuk seperti huruf “S” miring berombak memanjang. Motif Parang ini tersebar di seluruh Jawa, mulai dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat. Biasanya, perbedaannya hanya terletak pada aksen dari batik Motif parang tersebut. Misalkan, di Yogya ada motif Parang Rusak dan Parang Barong, di Jawa Tengah ada Parang Slobog, serta di Jawa Barat ada Parang Klisik.

Source https://majalahkartini.co.id/ https://majalahkartini.co.id/berita/inilah-tiga-motif-batik-terpopuler-di-indonesia/
Comments
Loading...