Inilah Keindahan Batik Kalimantan Tengah Atau Batik Benang Bintik

0 44

Inilah Keindahan Batik Kalimantan Tengah Atau Batik Benang Bintik

Karya seni batik bisa ditemukan tidak hanya di pulau Jawa. Melainkan di seluruh Indonesia bahkan dunia sudah tersedia berbagai macam motif batik sesuai dengan daerah asalnya masing-masing. Begitu juga dengan batik Kalimantan Tengah.

Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di pulau Kalimantan. Walaupun yang paling dikenal di daerah Kalimantan adalah suku Dayak, namun masih ada suku lain yang juga dominan di daerah kalimantan. Yaitu suku Jawa dan suku Banjar.

Suku Dayak di Kalimantan tengah jumlahnya hampir setengah dari jumlah suku-suku lain yang mendiami daerah ini. Tapi suku Dayak ini masih dibagi atas sub-sub suku, diantaranya sub suku Dayak Ngaju yang mendiami daerah aliran sungai Kapuas, Kahayan, Rungan Manuhing, Barito dan Katingan.

Ada juga sub suku Dayak Bakumpai yang mendiami daerah aliran sungai Barito. Maanyan yang mendiami daerah timur Kalteng. Ot Danum yang mendiami daerah utara Kalteng. Siang Murung yang mendiami daerah timur laut Kalteng. Lawangan yang mendiami daerah timur Kalteng. Selain sub suku Dayak di atas, masih ada beberapa lagi yang jumlahnya kecil.

Bukan hanya kaya akan budaya dan adat istiadatnya saja, suku Dayak juga memiliki salah satu kreasi yang khas yaitu batik dayak. Batik khas dayak ini juga menjadi buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke daerah Kalimantan.

Batik Dayak memiliki motif yang sangat khas yang tidak ada pada jenis batik lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, batik Kalimantan Tengah juga mengikuti perkembangan yang ada. Hal ini terlihat dari warna kain batik yang makin bervariasi.

Perubahan warna yang makin bervariasi ini tentu menjadi salah satu upaya untuk mengikuti perkembangan model yang terus berubah-ubah. Hal ini menjadi salah satu kunci sukses batik Kalimantan Tengah tetap bertahan hingga saat ini.

Bahkan, seiring dengan masuknya teknologi digital membuat eksistensi batik Kalimantan Tengah makin di akui masyarakat lokal maupun mancanegara. Ini membuktikan kesenian batik tradisional mampu bersaing dengan tren yang ada, tetapi tetap melakukan penyesuaian agar masih tetap diminati di era modern saat ini.

Source https://rumahulin.com/ https://rumahulin.com/batik-kalimantan-tengah/
Comments
Loading...