Inilah Cerita Dibalik Medali Asian Games Yang Terinspirasi Dari Keindahan Batik Indonesia

0 27

Inilah Cerita Dibalik Medali Asian Games Yang Terinspirasi Dari Keindahan Batik Indonesia

Medali Asian Games 2018 untuk para atlet yang memenangkan pertandingan didesain oleh desainer profesional muda. Mereka adalah Elysa Munster dan Sera Prestasi.

Terpilihnya Elysa dan Sera sebagai desainer medali Asian Games 2018 dikarenakan perusahaan tempat mereka bekerja saat ini, PT RDM Licensing & Marketing, memenangkan pitching design untuk design artwork Asian Games 2018.

“Saya mencoba menggabungkan kedua elemen (official logo dan official mascot Asian Games) menjadi sebuah kesatuan dalam medali. Kemudian, dikemas dengan desain batik yang diambil dari ketiga maskot (batik Asmat, batik Palembang dan batik Jakarta) dan elemen logo Asian Games yang berasal dari Gelora Bung Karno,” kata Elysa, dalam rilisnya.

Mereka memiliki tugas berbeda dalam mendesain medali untuk pesta olahraga terbesar se-Asia itu. Sera bertugas sebagai 3D designer, Elysa sebagai concept artist dan Erwin sebagai texture and engineering artist.

Saat proses pembuatan ada sekitar 18 contoh medali dalam berbagai aneka ukuran, warna dan ketebalan. Medali-medali yang berlapiskan emas, perak, dan perunggu itu memiliki diameter tujuh hingga 10 cm dan ketebalan antara 0,6 sampai 1 cm.

“Setelah konsep terbentuk, saya sebagai 3D designer merealisasikan konsep tersebut untuk digunakan sebagai prototype, acuan para desainer dalam proses pembuatan desain medali,” kata Sera.

Selanjutnya, hasil desain dan prototipe medali diserahkan ke Inasgoc untuk proses produksi. Inasgoc kemudian memproduksi medali yang didesain mereka, dengan jumlah total 5.600 buah, yang terdiri dari 1.700 medali emas, 1.700 medali perak, dan 2.200 medali perunggu.

Source http://wartakota.tribunnews.com http://wartakota.tribunnews.com/2018/08/29/inilah-cerita-dibalik-medali-asian-games-yang-terinspirasi-dari-keindahan-batik-indonesia
Comments
Loading...