Ini yang Dilakukan Parang Kencana Agar Anak Muda Suka Pakai Batik

0 59

Ini yang Dilakukan Parang Kencana Agar Anak Muda Suka Pakai Batik

Seiring pengaruh globalisasi banyak generasi muda yang enggan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, salah satunya batik. Banyaknya anggapan mengenai batik sebagai pakaian formal dan tidak modern membuat generasi muda lebih memilih jenis pakaian yang lebih kekinian agar tidak ketinggalan zaman. “Menarik minat anak muda otomatis bermain dengan style, desain yang disukai anak- muda,” ujar Meity Sutandi selaku Sales & Marketing Director Parang Kencana saat ditemui di acara Press confenrence “Satu Untuk Batik Indonesia”

Cara mensiasatinya dengan menaruh aksen batik tidak diseluruh bagian, misalnya hanya di bagian kerah atau di bagian lengan. Selanjutnya pilih yang berbahan katun karna selain lebih murah, material katun juga lebih mudah merawatnya dibandingkan yang berbahan sutra. “Kita akan terus berupaya. Kalau motif batik terlalu heavy atau batik kuno mungkin anak muda big no banget, mereka gak akan mau pake batik.” sambungnya.

Selain itu Meity juga mengatakan alasan tingginya harga batik karena proses pembuatannya panjang. “Harga batik tergantung tingkat kesulitan, mahal karena prosesnya yang panjang. Ada yang pengerjaannya memakan waktu dua tahun,” imbuhnya. Pada dasarnya pengrajin batik semakin hari semakin sedikit. Oleh sebab itu, masyarakat harus terus menggalangkan cinta batik di Indonesia. Baginya pekerjaan membatik itu merupakan pekerjaan yang bertujuan untuk melestarikan budaya. Jika pengguna batik lebih banyak, otomatis pengrajin batik pun akan terus menjamur. 

Source https://wolipop.detik.com/ https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-4334520/ini-yang-dilakukan-parang-kencana-agar-anak-muda-suka-pakai-batik?_ga=2.254225928.1446769864.1544405227-1239429999.1544405227
Comments
Loading...