Ini Dia 4 Teknik Membuat Batik

0 167

Ini Dia 4 Teknik Membuat Batik

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah sangat terkenal di dunia. Batik juga menjadi salah satu warisan budaya yang secara sah telah diakui UNESCO berasal sari Indonesia. Keindahan batik memang seperti tidak pernah menemui titik akhir. Selalu ada kreasi dan inovasi baru yang membuat batik lagi-lagi terlihat sangat indah dan segar.

Di balik keindahan kain motif kebanggaan Indonesia tersebut, terdapat suatu proses pengerjaan yang cukup detail. Untuk menghasilkan kain batik terbaik, dibutuhkan proses pengerjaan yang sangat detail dan hati-hati. Proses pembuatan batik tersebut dapat dilakukan dengan beberapa jenis teknik berikut ini :

1. Batik Tulis

Ini adalah teknik membuat batik yang paling awal dan tradisional. Cara membuat batik teknik ini adalah dengan menggunakan alat bernama canting. Canting berfungsi untuk menorehkan cairan malam pada pola yang telah sebelumnya digambar pada kain. Tidak mudah untuk membuat motif batik dengan teknik ini. Sangat dibutuhkan kehati-hatian, ketelitian, dan kesabaran. Karena proses dan waktu pengerjaannya yang cukup lama, batik yang dihasilkan melalui teknik ini menjadi batik dengan harga paling tinggi.

2. Celup Ikat

Celup ikat adalah teknik membuat batik yang dikenal di beberapa daerah di Indonesia  dengan nama jumputan, tritik (Jawa Tengah dan Yogyakarta), Sasirangan (Banjarmasin), dan Pelangi (Palembang). Cara membuat batik ini adalah dengan mengikat sebagian kain, kemudian dicelupkan ke dalam larutan pewarna. Setelah diangkat dari larutan pewarna, ikatan dibuka sehingga bagian yang diikat tidak terkena warna. Kain yang tidak dihendaki terkena warna diikat menggunakan tali, benang, dan karet yang berfungsi sebagai penghambat resapan air.

3. Colet

Ini adalah teknik membuat batik dengan cara melukisnya dengan kuas. Pola yang telah dibuat dikain batik kemudian dilukis dengan menggunakan kuas dan cat kain jenis khusus. Umumnya, pembuat batik dengan teknik ini adalah seniman lukis yang memang telah ahli menggunakan kuas dan cat di atas kain kanvas.

4. Cap & Printing

Teknik printing dan cap menggunakan canting cap. Canting cap merupakan pelat berisi gambar yang timbul.  Proses pembuatannya permukaan canting cap dicelupkan dalam cairan malam. Kemudian, dicapkan pada kain mori, dan akan meninggalkan motif. Keuntungan menggunakan canting cap yaitu proses pemalaman lebih cepat.

Berbeda dengan batik cap, batik printing ini proses pewarnaan hanya satu sisi kain mori saja. Sehingga warna dari batik sablon printing ini lebih cepat pudar. Kelebihan dari teknik batik sablon printing adalah kecepatan dalam produksinya, yang sekali cetak satu warna hanya membutuhkan waktu 5 menit. Selain itu motif batiknya juga lebih detail.

Source https://www.jitunews.com/r https://www.jitunews.com/read/9136/ini-dia-4-teknik-membuat-batik
Comments
Loading...