Infrastruktur Dukung Perkembangan Batik Cirebon

0 128

Infrastruktur Dukung Perkembangan Batik Cirebon

Infrastruktur menjadi salah satu daya dukung dalam perkembangan Batik Cirebon yang signifikan saat ini. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan hal ini dalam acara Batik Trusmi ‘Sejuta Pesona Indonesia’ di depan Balaikota Cirebon, Jl. Siliwangi, Kota Cirebon pada Rabu malam (1/10). Wagub mengatakan kekhasan motifnya menjadi salah satu factor Batik Cirebon berkembang dengan baik dan telah mempunyai pangsa pasar hingga mancanegara. Dua diantara motifnya, yaitu Mega Mendung dan Awan Berarak adalah hasil karya kreatifitas masyarakat dan pengusaha Batik Cirebon-yang memiliki makna kehidupan dan alam semesta yang luas serta Ketuhanannya.

Hal lain yang mendukung perkembangan ini adalah infrastruktur seperti sarana jalan Pantura dan jalur kereta api double track yang membuat Batik Cirebon perkembangannya signifikan. Infrastruktur di Cirebon saat ini begitu mudah. Ada double track kereta api dan Pantura, sehingga dibandingkan dengan batik-batik seperti di Garut, Pangandaran. Cirebon kelihatannya lebih cepat berkembang, karena jalur infrastrukturnya sudah bagus sekali. Perkembangan ini akan semakin pesat ketika Bandara Internasional Kertajati dan proyek sejumlah tol telah beroperasi.

Batik Cirebon dapat menjadi model dan inspirasi bagi perkembangan industri batik di Jawa Barat. Batik Trusmi merupakan sentra industri batik yang tidak hanya dikenal masyarakat Cirebon dan Jawa Barat, namun juga mancanegara. Dalam acara ini diberikan pula penghargaan Rekor Muri kepada pengusaha muda Batik Trusmi, Ibnu Riyanto yang telah memprakarsai Stempel Batik Raksasa berukuran 3×2 meter.

Source http://www.seputarjabar.com/ http://www.seputarjabar.com/2014/10/infrastruktur-dukung-perkembangan-batik.html
Comments
Loading...