infobatik.id

Industri Rumahan Batik di Jember Terus Berkembang

0 35

Industri Rumahan Batik di Jember Terus Berkembang

Perkembangan industri batik di Kabupaten Jember, terus mengalami peningkatan yang baik, dengan tumbuhnya industri kecil dan menengah batik yang mulai menunjukkan keseriusannya membidik pangsa pasar nasional. Jumlah Ikm batik di Jember terus bertambah dibandingkan dengan tahun sebelumnya, bahkan hingga kini tercatat sudah 15 IKM Batik.

Sejauh ini, potensi pangsa pasar batik Jember masih di tataran lokal dan belum menembus pasar luar daerah, namun pihaknya optimistis peluang pasar batik Jember di kancah nasional cukup bagus.

Sementara pemilik Rumah Batik Rolla, Iriane Chairini Megawati mengatakan Batik Jember sudah berkembang baik dengan tumbuhnya perajin batik baru di wlayah setempat, terutama generasi muda banyak yang mau mempelajari batik dan memakai batik. Pasar Batik Jember cukup bagus terhadap perkembangan batik di Indonesia, sehingga bagaimana caranya pengusaha batik harus lebih jeli terhadap pasar yang akan dibidik.

Di kancah internasional, pemerintah pusat sudah membuka jalur perdagangan melalui pameran, tetapi sangat disayangkan pemerataan kepada sesama perajin batik di Jember dalam pengambilan kesempatan masih belum maksimal. Karena ada beberapa kendala dalam mengekspor barang keluar negeri dan bayer dari luar negeri karena tidak semua perajin batik bisa melakukannya akibat pengetahuan dan persyaratan yang belum bisa dipahami oleh perajin batik di Jember.

Sejauh ini, persoalannya hanya kurang koordinasi antara pembatik Jember, sehingga satu sama lain masih belum kenal, sehingga diharapkan ada saling kerja sama antarperajin batik, agar batik Jember semakin dikenal luas oleh pasar domestik dan mancanegara.

Source Industri Rumahan Batik di Jember Terus Berkembang Batik
Comments
Loading...