Industri dan Seni Batik Ciamis

0 122

Industri dan Seni Batik Ciamis

Batik yang diproduksi oleh masyarakat Kota Ciamis ini merupakan motif batik yang memiliki akar dari seni batik yang berkembang di daerah Jawa Tengah. Hal ini yang membuat motif batik ini memiliki sedikit kemiripan dengan baju batik yang dibuat di daerah jawa Tengah. Perang yang terjadi di Pulau Jawa terutama yang terjadi di wilayah Jawa tengah menyebabkan terjadinya arus pengungsian penduduk ke berbagai wilayah di Jawa Barat. Di antara mereka terdapat banyak tenaga ahli pembuat batik yang menjadi penduduk daerah Ciamis ini, yang kemudian memulai kembali kegiatan membuat batik di daerah ini sebagai pekerjaan yang mereka lakukan setiap hari.

Seni batik yang terdapat di Kota Ciamis mengalami perkembangan yang cukup pada awal abad ke 20. Seni pembuatan batik pada masa tersebut hanya dilakukan oleh keluarga pembuat batik yang pada umumnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Dengan berjalannya waktu dan juga tingginya minat masyarakat terhadap kain jenis ini maka peningkatan produksi batik juga mulai menjadi tinggi. Seni batik yang semula hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga meningkat menjadi industri kecil dan juga menengah. Seni pembuatan baju batik khas dari daerah ini mengalami masa kejayaan diantara tahun seribu sembilan ratus enam puluh sampai sekitar delapan puluhan. Pada masa tersebut industri batik di daerah ini cukup besar dan dapat bersaing dengan kota besar batik lainnya. Namun sejak tahun 1980-an seni dan juga industri batik di Kota Ciamis ini mengalami kemunduran yang disebabkan terjadi berbagai macam sebab.

Penyebab yang terbesar adalah terjadinya perubahan ekonomi yang membuat industri batik batik di wilayah ini mengalami kemunduran. Selain itu juga disebabkan oleh bencana alam yang disebabkan oleh meletus nya gunung galunggung pada sekitar tahun delapan puluh dua yang membuat sinar matahari hampir tidak terlihat selama sekitar setahun dimana pada masa tersebut debu vulkanik terus menerus keluar. Pada masa tersebut kain batik tidak dapat dijemur karena tidak adanya cahaya panas dari matahari. Dan kemudian terjadi krisis pada tahun tahun seribu sembilan ratus sembilan tujuh menjadi pukulan telak bagi industri batik di daerah ini yang menyebabkan terhentinya produksi batik khas Ciamis ini.

Source Industri dan Seni Batik Ciamis Batik
Comments
Loading...