Industri Batik Tunjung Biru

0 171

Industri Batik Tunjung Biru

Industri Batik Tunjung Biru merupakan salah satu dari 8 industri batik yang tercatat oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara khususnya yang berada di Desa Gumelem Kecamatan Susukan. Industri Tunjung Biru terletak di Desa Gumelem Kulon. Pemiliknya adalah seorang laki-laki bernama Suryanto. Suryanto merupakan satu-satunya pemilik dari industri batik di Gumelem yang merupakan seorang laki-laki, karena kebanyakan dari pemilik usaha lain adalah rata-rata kaum perempuan. Suryanto memberikan nama usahanya ini dengan nama Tunjung Biru, karena mempunyai alasan tersendiri dan disertai arti khusus dari cerita yang telah diyakini oleh masyarakat Gumelem.

Untuk pemberian nama Tunjung Biru sebagai nama dari usahanya diambil dari filosofi sebuah bunga teratai berwarna biru, yang konon pada zaman dahulu pernah tumbuh diatas batu yang berada disekitaran makam Ki Ageng Giring di bukit Girilangan. Cerita sejarah ini juga menjadi inspirasi yang dituangkannya dalam salah satu karya batik kontemporernya. Kata “Tunjung” ini diambil dari nama bunga yang merupakan nama dari bunga teratai, sedangkan ”Biru” diambil dari warna bunga teratai di dalam cerita yang telah diyakini oleh masyarakat Gumelem ini.

Industri batik ini didirikan pada tahun 2005, meskipun bukan dari keturunan keluarga pembatik turun-temurun pada masa pemerintahan Kademangan, tetapi Suryanto mempunyai keinginan untuk lebih memajukan lagi Batik Gumelem agar dapat diterima masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya, maupun diluar Banjarnegara dengan keunikan yang diciptakannya melalui sumber inspirasi penciptaan motifnya, pemberian warnanya, maknanya, dan juga nilai estetiknya, sebagai salah satu wujud dari karya budaya yang mewakili identitas Kabupaten Banjarnegara.

Dalam memproduksi batik, Suryanto membuat tiga macam batik dalam industri yang dijalankannya ini, yaitu ada batik klasik, batik tradisional, dan batik kontemporer. Motif-motif Batik Gumelem dibuat dengan menggali potensi dari Kabupaten Banjarnegara dan Desa Gumelem sekaligus menjadi ciri khas dari Industri Batik Gumelem produksi Tunjung Biru, dari industri inilah pertama kali jenis Batik Gumelem yang mengambil sumber inspirasi dari Kabupaten Banjarnegara dan Desa Gumelem sebagai desa pembuatan batik mulai diperkenalkan.

Source Industri Batik Tunjung Biru Batik
Comments
Loading...