Industri Batik Tegal

0 195

Industri Batik Tegal

Industri batik yang ada di Kabupaten Tegal tersebar di beberapa daerah salah satunya di Desa Pasangan, Kecamatan Talang dan Desa Sindang di Kecamatan Dukuhwaru. Kedua desa tersebut merupakan sentra batik tegalan yang cukup pesat perkembangannya. Di Desa Pasangan terdapat sekitar 40 unit usaha pembuatan batik tegalan dan di Desa Sindang terdapat sekitar 30 unit usaha. Batik Tegalan tergolong dalam jenis batik pesisir karena ragam hiasnya naturalis, tidak ada aturan atau batasan mengikat seperti halnya batik Yogya dan Solo. Pada umumnya pemberian nama pada corak batik tegalan berasal dari nama benda yang ada di lingkungan sekitar dan telah akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Corak batik terdiri dari ragam hias sebagai ornamen utama corak secara keseluruhan dan ragam hias tambahan sebagai ornamen pelengkap. Corak batik tegalan menyajikan bentuk yang berorientasi pada flora dan fauna sebagai ragam hias utamanya seperti berbagai jenis tanaman berupa daun, bunga, buah dan binatang. Beberapa motif batik tegalan yang telah dikenal masyarakat adalah motif Watu Pecah, Gribigan, Galaran, Blarakan, Kembang Sawo, Beras Mawur, Ambringan, Kembang pacar, Krokotan, Sawut Rembet, Jae Sarimpang, Kawung, Kawung Jenggot, Kawung Beton, Sidamukti, Sidamukti Kuku Macan, Sidamukti Ukel, Sidamukti Grandil, Sidamukti Putihan, dan Sidamukti Rantai.

Pemerintah Kabupaten Tegal juga sangat peduli dengan kelestarian batik tegalan. Salah satu upaya pelestarian batik tegalan adalah dengan diadakanya lomba desain batik tegalan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Lomba tersebut mengambil tema poci dan daun teh, mengingat kedua jenis barang tersebut merupakan salah satu identitas Kabupaten Tegal. Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Disperindag terus berupaya mengembangkan dan mengenalkan Batik tegalan melalui berbagai kegiatan pameran baik tingkat regional maupun nasional.

Source https://wisatategal.com/ http://wisatategal.com/berita-1312114-kampung_wisata_industri_di_kabupaten_tegal.html#.WqXe9Wpua1s
Comments
Loading...