Industri Batik Purworejo

0 135

Industri Batik Purworejo

Kabupaten Purworejo merupakan daerah yang berada di jalan yang menjadi bagian utama lalu lintas di daerah selatan pulau Jawa. Kabupaten ini memiliki jalur yang dilewati oleh kereta api dan stasiun yang besar di kota ini adalah di Kutoarjo. Seni batik di kota ini juga merupakan salah satu produksi yang yang menjadi industri berkembang di kota ini dan terkenal dengan motif batik tradisional atau motif baju batik kontemporernya.

Motif batik yang terdapat di kota ini merupakan warisan dari kesenian yang berasal dari kerajaan Mataram Kuno yang memiliki kebudayaan membuat batik yang kuat. Sehingga seni pembuatan batik di daerah Purworejo ini merupakan seni batik yang telah menjadi warisan budaya bagi seluruh masyarakat Purworejo. Industri pembuatan batik di daerah ini pernah berhenti berproduksi dan telah kembali dimulai pada tahun 2006. Pada waktu itu ada kelompok pembuat batik yang bernama laras ndriyo. Kelompok pembuat batik ini terdiri hanya sekitar sepuluh orang yang berasal dari desa sumber agung dan juga ada yang berasal dari daerah desa lain di Kota Purworejo ini. Seni batik di daerah ini memiliki pusat industri di beberapa daerah yaitu di daerah Kecamatan Banyuurip, Kecamatan Bruno, Kecamatan Purworejo dan juga seni pembuatan batik ini dapat dijumpai di daerah Kecamatan Bagelen.

Purworejo merupakan daerah yang memiliki wilayah dan juga potensi daerah yang sangat banyak ragamnya. Berbagai macam potensi dari daerah purworejo ini, banyak yang kemudian di buat menjadi motif  batik yang indah dan dikenal sebagai motif batik khas Purworejo. Motif batik khas purworejo ini dikenal dengan sebutan Motif Batik Adi Purwo yang merupakan motif batik dengan jenis batik kontemporer.

Source https://bibolku.wordpress.com/ https://bibolku.wordpress.com/2016/02/23/batik-dari-purworejo/
Comments
Loading...