Industri Batik Nakula Sadewa

0 312

Industri Batik Nakula Sadewa

Untuk mengembangkan ciri khas dari Kabupaten Sleman dan tidak lepas dari identitas salah satu provinsi penghasil batik di Indonesia, maka pemerintah Kabupaten Sleman memberikan kesempatan bagi masyarakatnya khususnya industri batik untuk megembangkan batik sebagai salah satu identitas dengan menciptakan ciri khas baru serta mengembankan motif batik klasik Yogyakarta supaya dapat menjadi ikon baru dari kabupaten Sleman.

Dalam hal ini dilakukan oleh Bambang Sumardiyono salah satu warga Sleman yang merupakan seniman dan pengrajin batik dari Industri Batik Nakula Sadewa. Industri batik ini merupakan usaha rumahan bergerak di bidang kerajinan batik. Usaha ini sudah didirikan sejak tahun 1997 bertempat di Iropaten, Triharjo, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Sebagai salah satu industri batik rumahan, Batik Nakula Sadewa saat ini tumbuh menjadi bisnis yang melayani pasar domestik dan mancanegara.

Produk yang dihasilkan oleh Batik Nakula Sadewa sangat beragam. Tidak hanya memproduksi batik saja, namun juga mulai memproduksi fashion, handycraft, hingga produk interior. Tetapi perusahaan batik Nakula Sadewa ini memiliki ciri khas yang sekarang dapat dikembangkan menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Sleman yaitu batik motif Sleman. Batik motif Sleman ini baru berkembang selama kurun waktu lima tahun. Industri batik Nakula Sadewa sangat popular dan terkenal di pasaran domestik terlebih mancanegara. Sampai saat ini sudah terdapat 29 negara yang menjadi tujuan ekspor dari industri Batik Nakula Sadewa. Industri Batik Nakula Sadewa saat ini memiliki motif khas yang disebut dengan Motif Batik Sleman.

Motif batik tersebut sangat indah jika dilihat dari bentuk motif utama maupun motif pelengkapnya dan ditambah dengan segi penampilan warna menjadikan batik ini terkesan harmonis dan tidak ketinggalan jaman, tetapi masih banyak masyarakat Kabupaten Sleman yang belum mengetahui jika di Sleman ini memiliki motif batik khas seperti kota-kota yang lain misalnya Cirebon, Tegal, Pekalongan, Lasem, dan lainlain. Tidak hanya keindahn motif dan warnanya saja yang memukau, walaupun Batik Motif Sleman ini merupakan batik kreasi baru atau sering disebut dengan batik modern namun makna simbolis yang terkandung di dalamnya sangat banyak dan mengandung nilai-nilai sejarah untuk Kabupaten Sleman, karena batik Sleman ini diciptakan sebagai alat untuk mengabadikan sejarah Kabupaten Sleman.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...