Industri Batik Modern

0 176

Industri Batik Modern

Suripto merupakan salah satu pengusaha batik yang  telah banyak menghasilkan berbagai jenis motif batik dengan nuansa yang modern dan telah dihasilkan dari industri batik miliknya tersebut. Motif batik yang memiliki nuansa modern dapat juga diartikan sebagai suatu motif batik yang tidak memiliki pakem tertentuk dan tidak memiliki batasan khusus seperti Motif Batik Klasik yang harus patuh  pada pakem batik tradisional yang ada semenjak jaman dahulu.

Motif batik dengan nuansa modern inspirasinya bisa datang dari berbagai jenis benda dan juga berasal dari mana saja. Motif batik dengan nuansa modern pada umumnya mengambil ide yang bersumber dari bentuk flora yaitu bentuk tumbuh-tumbuhan seperti Motif Lung-lungan. Motif Lung-lungan adalah motif yang batik yang mengharapkan pemakain batik memiliki karakter yang luwes dan juga tidak berbentuk kaku. Motif dengan nuansa modern ini pada umumnya mepergunakan warna yang merupakan kombinasi dari berbagai warna seperti warna biru muda, warna hijau muda, warna orange, dan juga warna biru tua sebagai yang digunakan sebagai warna dasar untuk batik. Batik dengan nuansa modern ini kebanyakan dibuat dengan motode batik yang disebut dengan teknik pembuatan batik cap.

Motif batik yang memiliki nuansa motif modern dan yang dibuat dengan proses batik cap ini pada umumnya mengambil ide yang bermuara dari berbagai bentuk-bentuk motif yang telah menjadi tradisi batik secara berpuluh bahkan ratusan, salah satu motif batik yang dimaksud adalah Motif Batik Parang. Motif Batik Parang merupakan motif batik klasik dan dalam desain atik dengan motif modern ini, motif parang dikombinasikan dengan motif batik yang bernama lung-lungan. Sehingga menciptakan motif yang memiliki nuansa batik yang baru selain itu tujuan dari perpaduan motif batik ini adalah untuk dapat lebih memperkaya ragam variasi motif batik yang diproduksi untuk dipakai oleh masyarakat umum.

Source Industri Batik Modern Batik
Comments
Loading...