Industri Batik Lumbini

0 224

Industri Batik Lumbini

Indonesia memiliki beraneka ragam seni budaya, salah satunya yang sudah diakui oleh dunia yaitu kerajinan batik. Batik disamping mempunyai nilai keindahan yang cukup tinggi juga mengandung makna filosofi pula. Setiap daerah pasti mempunyai keunikan dan ciri khas masing-masing baik ragam hias (motif) dan warnanya. Namun sering juga dapat dilihat beberapa persamaan antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. Perbedaan itu disebabkan karena latar belakang budaya, lingkungan dan letak geografisnya. Berdasarkan kreativitas masyarakat, desain motif tercipta dan terinspirasi dari kegiatan sehari-hari yang dialami rakyat, kemudian dijadikan ide dasar pembuatan motif khas daerah tersebut.

Sebagai contoh batik yang mempunyai batik dengan ciri khasnya berada di wilayah Yogyakarta, seperti Kulon Progo dengan Batik Geblek Renteng, Sleman dengan Batik Sinom Parijontho, Gunung Kidul dengan Batik Walang Kencono Jati dan Bantul dengan Batik Ceplok Kembang Kates. Para perajin batik di Kabupaten Magelang yang tergabung dalam paguyuban batik Kawasan Candi Borobudur Kabupaten Magelang berinisiatif mengembangkan Batik Magelang dengan motif baru.

Motif yang dibuat mengacu pada Candi Borobudur. Salah satu kelompok batik yang terbentuk adalah industri Batik Lumbini yang berada di Dusun Tingal kulon, Kecamatan Borobudur. Industri ini merupakan pelopor berdirinya batik di Kabupaten Magelang. Selama berdiri industri Batik Lumbini telah menciptakan beberapa motif, yakni Mega Sambhara, Sidoluhur Buduran, Mega Sambhara, Padma Sambhara, Taman Lumbini, Sekar Sambhara, Liman Sarimbit dan Liman Bodhi.

Source Industri Batik Lumbini Batik
Comments
Loading...