Industri Batik Kebumen

0 69

Industri Batik Kebumen

Industri Batik di Kebumen yang dimiliki oleh Ibu Hikmah dan salah satu kerajinan batiknya adalah Batik Sekar Jagad yang mengalami perkembangan yang cukup baik dan hingga saat ini telah dikenal sebagai salah satu seniman Batik Tulis Kebumen yang memiliki kain batik yang berkualitas. Pada masa itu Ibu Hikmah hanya dibantu oleh satu orang seniman batik. Seiring dengan berjalannya waktu saat ini Ibu Hikmah telah memiliki cukup banyak seniman batik yaitu sekitar 20 orang yang bekerja di sanggar milik beliau dan 50 orang lain yang merupakan seniman batik binaan yang berada di luar.

Terdapat kepuasan tersendiri bagi beliau yang dapat membantu masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Kebumen yang memang terkenal dengan seniman batik yang ahli. Sehingga Ibu Hikmah terus menambah ilmu dan mengikuti berbagai macam pelatihan hingga akhir dipilih menjadi koordinator seniman batik di wilayah tersebut. Ibu Hikmah saat ini aktif dalam paguyuban Batik Lawet Sakti Kebumen. Seni batik yang dibuat oleh beliau saat ini bahkan telah sangat sering dipamerkan dan dibawa ke berbagai belahan dunia untuk ikut berbagai ajang internasional.

Ibu Hikmah mengakui bahwa dengan mengikuti banyak pameran beliau dapat mendapatkan banyak pelajaran tentang bagaimana melihat tren dan juga peluang pasar.  Menurut beliau Batik Kebumen masih memiliki pasar yang sangat besar hal ini disebabkan masih banyak seniman Batik Kebumen yang mau membuat Batik Klasik dengan pola dan Motif Batik yang rumit namun menjualnya dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Hal ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh para seniman batik di wilayah Kebumen. Saat ini seniman batik yang mau membuat kain batik tulis dengan pola yang sangat rumit memang sudah jarang. Selain itu Batik khas Kebumen ini juga menggunakan berbagai macam warna yang menarik seperti gabungan antara warna biru, warna kuning dan juga warna sogan kehijauan yang membuat kain batik tulis khas Kebumen ini lebih berwarna dan menarik.

Source Industri Batik Kebumen Batik
Comments
Loading...